NEWS

Menpora Ungkap Akses dan Parkiran Jadi Fokus Renovasi JIS

Kepastian JIS untuk Piala Dunia U-17 masih didiskusikan.

Menpora Ungkap Akses dan Parkiran Jadi Fokus Renovasi JISDito Ariotedjo. (Tangkapan layar)
30 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) perlu dilakukan perbaikan, khususnya terkait akses pintu masuk sebelah timur dan opsi lahan parkir.

“Rencana, saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar. Target kita adalah, dari Bapak Presiden yaitu 22 stadium di Indonesia bisa digunakan kapanpun,” kata Menteri Dito di Jakarta, Kamis (29/6).

Menyadur bola.net, pada 2022, PSSI melalui tim Infrastructure Safety and Security PSSI mendapatkan sembilan infrastruktur JIS yang kurang layak untuk menjadi kandang Timnas Indonesia di FIFA Matchday.

Infrastruktur tersebut antara lain adalah area drop off, sirkulasi aktivitas di outer perimeter sebelah barat utara, concourse timur belum dapat digunakan, perimeter tribun, pagar perimeter di bawah concourse barat belum kokoh, kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar, plafon JIS juga dinilai terlalu rendah untuk bus tim.

Hingga kini pemerintah masih membahas kelayakan JIS sebagai salah satu opsi venue penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pada bulan November mendatang. "Karena kereta dan stasiun belum jadi nanti kita harus cari solusinya juga jika JIS dipakai buat event,” katanya.

Wewenang renovasi

Jakarta International Stadium.
Jakarta International Stadium. (Pexels.com/Oktavianus Mulyadi)

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani menyambut baik wacana ini. Namun, ia mempertanyakan peran pemerintah pusat dalam renovasi ini, mengingat pengelolaan JIS yang menjadi hak dari Pemerintah Provinsi DKI.

“Seperti kita tahu biaya JIS selama ini kan menjadi tanggungan APBD DKI dan cukup besar juga, dan peruntukannya belum maksimal. Sampai saat ini event besar sepertinya sepanjang yang saya tahu baru salat hari raya dan konser musik kan ya," ucap Rani.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan bahwa informasi utuh mengenai renovasi JIS akan segera disampaikan kepada publik dalam waktu dekat. “Saya nanti dengan Menteri BUMN dan pihak terkait akan memberi pernyataan di minggu depan. Nggak lama-lama kok paling satu minggu,” katanya.

Jadwal yang bentrok

Stadion Gelora Bung Karno (GBK)/Dok. GBK.id

Related Topics