NEWS

Pengertian NGO, Macamnya, dan Seluk Beluknya

NGO cocok bagi pekerja yang tak mau terikat pemerintah.

Pengertian NGO, Macamnya, dan Seluk BeluknyaNGO. (Shutterstock/Rawpixel.com)
31 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Selain perusahaan-perusahaan yang sudah umum, NGO atau Non-Governmental Organization adalah salah satu alternatif karir.

NGO kerap digambarkan dekat dengan isu-isu sosial, masyarakat, dan memiliki idealisme tertentu, bergerak secara independen yang tidak memiliki keterkaitan dengan pemerintah.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang NGO, berikut ini Fortune Indonesia akan merangkumkannya untuk Anda.

Apa itu NGO?

Ilustrasi anak-anak yang kelaparan.
Ilustrasi anak-anak yang kelaparan. (Pixabay/Billycm)

Mengutip Investopedia, NGO adalah organisasi nirlaba dengan basis kepentingan sipil dan lingkungan. NGO beroperasi secara independen tanpa ada campur tangan pemerintahan. Biasanya, NGO lebih bersifat kooperatif dan beroperasi non-komersial tanpa laba.

Namun, secara umum dapat dikatakan bahwa NGO adalah lembaga yang tak terikat dengan kendali pemerintah serta organisasi nonprofit dan nonkriminal yang mementingkan kebutuhan lingkungan sosial.

World Bank membagi NGO menjadi dua bagian, yakni Operational NGO dan Advocacy NGO. Operational NGO memiliki prioritas untuk membantu proyek pengembangan di area-area rural, sedangkan Advocacy NGO mengulurkan tangannya untuk mempromosikan kepentingan masyarakat dan lingkungan.

Macam-macam NGO

Ilustrasi kelaparan.
Ilustrasi kelaparan. (Pixabay/billycm)

Related Topics