NEWS

Penipu Tiket Coldplay yang Raup Rp5,1 Miliar Ditangkap

Hasil penipuan dipakai beli produk branded dan foya-foya.

Penipu Tiket Coldplay yang Raup Rp5,1 Miliar DitangkapIlustrasi tiket. (Pixabay/Igor Ovsyannykov)
21 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat menetapkan Ghisca Debora Aritonang (GDA) sebagai tersangka penipuan tiket konser Coldplay. Aksinya ini diduga menyebabkan kerugian mencapai Rp5,1 miliar dari penjualan 2.268 tiket palsu. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, mengatakan bahwa kasus ini terungkap berdasarkan enam laporan yang masuk ke pihak Kepolisian. “Sekitar bulan Mei, GDA ini ikut war tiket dan sudah diserahkan. Kemudian, GDA menawarkan kepada teman-temannya sebagai reseller dengan dalih tiket tersebut adalah tiket komplimen yang dijanjikan akan didapat menjelang konser,” katanya dalam konferensi pers, Senin (20/11).

Menurut Susatyo, GDA mengaku kenal dengan perantara atau promotor, meski hingga bulan November menjelang pelaksanaan konser, tida ada komunikasi apapun dengan pihak promotor maupun perantara manapun. “Itu tidak benar dan itu menjadi rangkaian kebohongan yang untuk meyakinkan para korban korban tersebut,” ujar Susatyo.

GDA diduga mengambil keuntungan sekitar Rp250 ribu per tiket. Keuntungam ini kemudian digunakan untuk membeli barang-barang mewah dan berfoya-foya. Atas kejahatan yang dilakukan, GDA diancam pasal 378 KUHP tentang penipuan juncto pasal 372 tentang penggelapan, yang berpotensi menerima hukuman hingga empat tahun penjara.

Tersangka GDA sudah mengakui perbuatannya dan bersedia untuk mengikuti proses hukum yang berlaku. “Proses ini sudah saya serahkan ke pihak kepolisian,” kata GDA dalam konferensi pers.

Barang bukti

Antrian penonton konser Coldplay di SUGBK.
Antrian penonton konser Coldplay di SUGBK. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Susatyo mengatakan, terdapat sejumlah barang bukti berupa produk branded yang diduga dibeli GDA dengan hasil penipuan yang dilakukan. “Setidaknya dibeli sejak bulan Mei atau sejak GDA menerina uang-uang pemesanan tiket, total barang bukti ini kurang lebih ada Rp600 juta," katanya.

Adapun barang-barang bukti tersebut di antaranya beberapa tas dan sandal dari jenama Hermes, Macbook Apple berwarna perak, sampai dengan uang miliaran Rupiah yang rencananya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi GDA.

“Sisanya hampir sekitar Rp2 miliar itu digunakan pribadi oleh tersangka dan saat ini kami masih melakukan pendalaman pengembangan terhadap uang atau barang hasil kejahatan yang dilakukan oleh tersangka,” kata Susatyo.

Berbohong

Konser Coldplay di Jakarta.
Konser Coldplay di Jakarta. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Related Topics