NEWS

Libur Panjang, Penumpang Whoosh Naik hingga 28%

Whoosh menerapkan trategi dynamic pricing pada tiket.

Libur Panjang, Penumpang Whoosh Naik hingga 28%Penumpang menunggu jadwal pemberangkatan kereta WHOOSH di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Hreeloita Dharma Shanti
10 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), pengelola Whoosh mencatat kenaikan jumlah Penumpang kereta cepat dengan rute Jakarta-Bandung hingga 28 persen pada periode minggu Libur panjang di awal Mei.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan bahwa pada minggu kedua Mei 2024, Whoosh memberangkatkan sebanyak 20.454 ribu penumpang di Rabu (8/5), setelah sehari sebelumnya (7/8) mencapai 20 ribu penumpang.

“Jumlah penumpang meningkat sekitar 28 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, di mana KCIC melayani sebanyak 16 ribu penumpang,” katanya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (10/5).

KCIC sudah mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang ini dengan pengoperasian 48 perjalanan Whoosh per harinya, dari sebelumnya 44 perjalanan. "Penambahan perjalanan harian kereta cepat Whoosh ini didasari pada hasil evaluasi pada periode sebelumnya yang menunjukkan adanya kebutuhan penambahan perjalanan reguler," katanya.

Strategi penting

KCJB Whoosh.
KCJB Whoosh. (Tangkapan layar)

Eva mengungkapkan bahwa salah satu strategi utama dalam mengantisipasi momentum libur panjang akhir pekan yakni dengan menerpkan skema dynamic pricing, di mana tiket ditawarkan secara dinamis dengan harga lebih hemat pada periode perjalanan tertentu.

“Sudah terbukti berdampak positif terhadap operasional Whoosh dan pelayanan penumpang,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat sejumlah periode tertentu di mana okupansinya sudah mencapai 100 persen, misalnya untuk jadwal keberangkatan kereta mulai pukul 06.40 WIB sampai dengan 15.35 WIB dari Stasiun Halim menuju Padalarang maupun Tegalluar.

"KCIC memprediksi jumlah penumpang akan tetap tinggi pada libur akhir pekan ini. Seluruh petugas sudah bersiap dan akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan menggunakan Whoosh pada momen spesial ini,” kata Eva.

Peningkatan ini disebabkan preferensi penumpang yang sudah mulai menyukai menggunakan kereta cepat Whoosh secara rutin untuk perjalanan ke luar kota. “Adapun tarif kereta cepat Whoosh cukup terjangkau yakni dimulai dari Rp150 ribu saja,” ujarnya.

Related Topics