FINANCE

Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan

Ini risiko perjalanan yang bisa dicover asuransi.

Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi PerjalananIlustrasi Asuransi Perjalanan/Dok Allianz Utama
20 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) menggandeng PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Garuda Indonesia) untuk meluncurkan produk perlindungan penumpang Garuda Indonesia. 

Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kemitraan yang telah terjalin sebelumnya sejak 2014 dan bertujuan memberikan layanan tambahan berupa perlindungan bagi penumpang Garuda Indonesia pada saat melaksanakan Perjalanan

“Allianz Utama berkomitmen melindungi dan memberikan ketenangan pikiran bagi nasabah dalam setiap momen, termasuk ketika melakukan perjalanan," kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (20/5).

Ini risiko perjalanan yang bisa dicover asuransi

Penumpang Garuda Indonesia.
Penumpang Garuda Indonesia. (dok. Garuda Indonesia)

Produk ini bisa digunakan untuk tujuan domestik maupun internasional, bernama “Domestic TravelPro Insurance” dan “TravelPro International Insurance – Enhanced”. 

Produk ini tentunya diperlukan untuk mengoptimalkan kenyamanan perjalanan dengan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi dalam perencanaan perjalanan. Mulai dari penyesuaian jadwal penerbangan, proteksi barang pribadi selama perjalanan hingga proteksi terhadap kecelakaan ketika sedang di perjalanan dan apabila penumpang Garuda jatuh sakit ketika di perjalanan luar negeri. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan bahwa kerja sama dengan Allianz ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk menghadirkan berbagai nilai tambah bagi pengguna jasa dalam memberikan layanan  penerbangan yang seamless khususnya dalam mengakses berbagai kebutuhan pendukung kenyamanan dan keamanan perjalanan, dalam hal ini kebutuhan asuransi perjalanan. 

“Kerjasama dengan Allianz ini juga merupakan upaya Garuda Indonesia untuk terus mengembangkan ekosistem digital khususnya pada website Garuda Indonesia dan rencananya juga akan turut diperluas melalui platform aplikasi FlyGaruda yang diharapkan dapat memberikan solusi one stop service bagi kebutuhan atas berbagai layanan penerbangan dan juga layanan pendukungnya," jelas Irfan. 

Dari segi perlindungan perjalanan, Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance – Enhanced memberikan jaminan perlindungan untuk penumpang Garuda Indonesia yang akan melakukan perjalanan domestik maupun internasional. Terdapat 2 pilihan proteksi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu untuk One Way Trip (Sekali Jalan) atau Round Trip (Pulang Pergi). 

Domestic TravelPro Insurance dan TravelPro International Insurance - Enhanced memberikan manfaat perlindungan baik sebelum dan selama perjalanan bagi penumpangnya. Beberapa manfaat perlindungan yang diberikan adalah memberikan penggantian biaya yang telah dibayar seperti biaya transportasi, akomodasi, tempat wisata hingga visa apabila terjadi pembatalan perjalanan sebelum keberangkatan akibat hal-hal yang dijamin oleh Polis. 

Selain itu, apabila terjadi penundaan perjalanan atau bagasi dengan waktu minimal 2 jam berturut-turut, juga akan diberikan manfaat santunan penundaan sesuai dengan limit yang berlaku. 

Apabila penumpang mengalami kecelakaan saat perjalanan domestik, produk Domestic TravelPro Insurance menjamin biaya medis yang muncul atas kecelakaan tersebut. Apabila kecelakaan tersebut mengakibatkan kematian atau cacat tetap maka Allianz Utama akan memberikan santunan sesuai dengan limit dan ketentuan yang berlaku. 

Khusus untuk produk TravelPro International Insurance – Enhanced, perlindungan biaya medis turut mencakup penyakit serius atau cedera, termasuk karena virus yang telah dinyatakan sebagai Epidemi atau Pandemi yang diderita selama perjalanan. Selain itu, kedua produk juga dapat menanggung biaya evakuasi dan repatriasi medis darurat ketika dibutuhkan.

Related Topics