BUSINESS

KCIC Ungkap Kenaikan Penumpang Whoosh Saat Libur Nataru Capai 35%

KCIC tambah perjalanan Whoosh sebagai antisipasi.

KCIC Ungkap Kenaikan Penumpang Whoosh Saat Libur Nataru Capai 35%Salah satu gerbong kereta cepat/Dok KCIC

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

29 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan, jumlah penumpang Whoosh naik hingga 35 persen selama momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, megatakan sebanyak 211 ribu tiket terjual habis pada periode 21-21 Desember 2023. “Pada libur akhir tahun terdapat kenaikan sekitar 35 persen jika dibandingkan periode yang sama di awal Desember sebanyak 156 ribu penumpang,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/12).

Menurutnya, jumlah penumpang tertinggi selama masa libur akhir tahun dicatat pada 26 Desember 2023 dengan jumlah penumpang mencapai hingga 21.188 orang. Sedangkan 153 ribu penumpang sudah berangkat hingga (28/12), dan mayoritas bepergian dengan tujuan berlibur.

Upaya antisipasi

KCJB Whoosh.KCJB Whoosh. (Tangkapan layar)

Untuk mengantisipasi Libur Nataru, KCIC telah menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari. Penambahan ini diberlakukan hingga 2 Januari 2024 dengan total kapasitas mencapai 28 ribu kursi per hari.

"KCIC akan terus melakukan evaluasi kebutuhan perjalanan kereta Whoosh karena meningkatnya jumlah penumpang yang ingin berlibur,” kata Eva.

Selain menambah jumlah perjalanan, KCIC juga bekerja sama dengan 12 destinasi di Bandung, dalam bentuk Free Entry, antara lain ke Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika,Tepi Danau, Tepi Kota Healing, The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, Dago Dream Park dan Papa Dino.

Bersama sejumlah destinasi wisata kuliner, KCIC juga menawarkan promo diskon hingga 20 persen bagi penumpang Whoosh, ke beberapa restoran, seperti Baker Street Resto cabang Cimandiri, beragam restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, serta The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung.

Antusiasme natal

Penumpang menunggu jadwal pemberangkatan kereta WHOOSH di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Hreeloita Dharma Shanti