Comscore Tracker
NEWS

BUMN Gelontorkan Dana Lebih dari Rp3,8 triliun Untuk Perhelatan MotoGP

BUMN segala sektor berkolaborasi sukseskan ajang MotoGP.

BUMN Gelontorkan Dana Lebih dari Rp3,8 triliun Untuk Perhelatan MotoGPPembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menanamkan modal lebih dari Rp3,8 triliun untuk menyiapkan perhelatan MotoGP Mandalika, yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022. Dana tersebut digunakan untuk membangun sirkuit, infrastruktur pendukung, pembangunan hotel untuk akomodasi, dan juga sponsorship.

"Sejak awal saya secara reguler memonitor persiapannya," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam keterangannya, Minggu (6/3).

Beberapa BUMN yang terlibat dalam hajatan besar adalah PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang berfokus pada fasilitas dan pendukungnya, PT PP (Persero) Tbk (pengaspalan), PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) yang membangun paddock dan fasilitas pendukung lainnya.

Di luar sirkuit, ada PT Angkasa Pura I (Persero) yang berinvestasi di Lombok Praya International Airport dan Pelabuhan Gili Mas melalui Pelindo.

Kemudian, dukungan BUMN pada MotoGP juga ditunjukkan dengan menjadi sponsor melalui PT Pertamina (Persero). Keterlibatan perusahaan migas nasional itu tercermin pada nama arena balapan, yakni Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Lantas, ada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia/BRI (Persero) Tbk serta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang akan memiliki lounge di atas bukit 360.

Masih ada tiket yang tersisa

Erick mengapresiasi tingginya animo masyarakat mulai dari individu, komunitas, dan korporasi terhadap perhelatan MotoGP. Animo ini terlihat dari tiket utama MotoGP yang terjual habis.

“Ini tidak lain merupakan hasil kerja keras gubernur, komandan lapangan MotoGP, dan jaringan bank BUMN yang terdiri atas Bank Mandiri, BNI, BTN, BRI, dan BSI,” ujar Erick.

Seiring dengan ludesnya penjualan tiket utama MotoGP, Erick mengatakan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP juga akan membuka stand tambahan dengan menyediakan 500 tiket untuk masing-masing penggemar Marc Marquez dan Maverick Vinales.

Sementara untuk tiket hari pertama, kedua, dan latihan sebagai bagian dari kualifikasi, BUMN masih akan terus mendorong penjualannya.

Pembalap MotoGP bakal ketemu Jokowi

Pada 16 Maret 2022, Presiden Joko Widodo bakal menerima kedatangan rombongan pembalap MotoGP di Jakarta di antaranya Marc Marquez, Maverick Vinales, Joan Mir, Andrea Dovizioso, dan Francesco Bagnaia, serta 12 pembalap lainnya.

“Harapannya, kedatangan para pembalap ini menjadi hal positif dalam membangun persepsi Indonesia kepada dunia bahwa kita terus menggalakan event-event dunia yang ada di Indonesia,” kata Erick.

Related Articles