NEWS

Gelontorkan Rp20 Miliar, Kemenhub Sediakan 24 ribu Kursi Mudik Gratis

585 unit bus tersedia.

Gelontorkan Rp20 Miliar, Kemenhub Sediakan 24 ribu Kursi Mudik GratisCalon penumpang menunggu kedatangan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (11/4). (ANTARAFOTO/Aprilio Akbar)
13 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar program mudik gratis untuk periode Lebaran 2023 dengan menyediakan 24.072 kursi mudik gratis ke berbagai daerah  tujuan yang diperkirakan bakal menghabiskan anggaran Rp20 miliar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno, mengatakan periode mudik gratis kali ini bakal dilayani oleh setidaknya 585 unit bus. “Data kecelakaan lalu lintas mudik paling banyak sepeda motor. Jadi saya imbau gunakan fasilitas mudik gratis disiapkan pemerintah atau yang lain," kata dia dalam konferensi pers, Senin (13/3).

Menurut penjelasannya, keberangkatan mudik akan diakomodasi dengan 18.528 kursi pada 495 bus, dan untuk kepulangan akan disediakan kuota 5.544 kursi melalui 126 bus.

Kemenhub juga menyediakan 30 unit truk untuk mengangkut lebih dari 900 sepeda motor milik para pemudik.

Tujuan mudik gratis Kemenhub 2023

Kemenhub menentukan daerah tujuan mudik gratis pada empat provinsi. Untuk Sumatera, tujuannya adalah Palembang dan Lampung. Kemudian, tujuan Jawa Barat akan menyasar Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Selanjutnya Jawa Tengah meliputi: Solo, tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. Terakhir Jawa Timur, yakni Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Sedangkan untuk kota asal arus balik Kemenhub hanya menyiapkan dari delapan titik saja. Pertama, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta. Sementara untuk kota asal tujuan pengangkutan mudik dan balik sepeda motor terdiri dari lima titik. Solo–Jakarta (PP), Semarang–Jakarta (PP), Purwokerto–Jakarta (PP), Wonogiri–Jakarta (PP), dan Yogyakarta–Jakarta (PP).

"Pendaftaran sementara menggunakan navigasi online," kata dia.

Jadwal pelaksanaan mudik gratis

Pendaftaran akan dibuka selama dua hari pada 13–14 Maret 2023, dan akan ditutup jika kuota telah terpenuhi.

Calon pemudik dapat melakukan validasi untuk mendapatkan tiket mudik gratis. jika telah mendaftar via aplikasi MitraDarat.

Lokasi yang dapat dituju untuk validasi adalah: GOR Bulungan Blok M, Terminal Margonda Depok, Kantor Dishub Kota Tangerang, Terminal Pondok Cabe, dan Terminal Kayuringin.

Pemudik akan diberangkatkan dengan dua fase. Pertama pada Rabu (18/4) lewat Terminal Pulogebang, Jakarta; Terminal Tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan; dan Terminal Tipe A Jatijajar, Depok.

Sedangkan fase kedua akan berlangsung pada Kamis (19/4) melalui Terminal Kampung Rambutan, Jakarta; dan Terminal Tipe A Poris Plawad, Kota Tangerang.

 

Related Topics