NEWS

71 Perusahaan Telah Serahkan Surat Niat Jadi Investor IKN

Otorita IKN proses 11 LoI dari perusahaan asal Malaysia.

71 Perusahaan Telah Serahkan Surat Niat Jadi Investor IKNPresiden Jokowi pada acara Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10). (dok. Setkab)
17 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah terus menarik investor untuk menanamkan modalnya dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan terdapat 183 investor asal Malaysia yang menyatakan minat untuk berinvestasi.

Sejauh ini, Otorita IKN telah memproses sebelas Letter of Intent (LOI) dari perusahaan Malaysia yang ingin berinvestasi. Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, mengatakan tahap selanjutnya adalah memberikan jawaban formal dengan melampirkan beberapa dokumen. Salah satunya adalah Surat Perjanjian Kerahasiaan (Non-disclosure Agreement/NDA).

”Setelah NDA ditandatangani, Otorita IKN akan memberikan data pendukung dan data teknis kepada calon investor,” kata Bambang dalam keterangannya Rabu pekan lalu.

Dengan masuknya 11 LOI dari Malaysia, jelas Bambang, total investor yang telah menyerahkan LOI kini mencapai 71. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya telah mendapat Surat Izin Prakarsa Proyek (SIPP) dari pemerintah.

”Investor yang berminat ada 100 lebih" dengan komposisi "investor dalam negeri masih lebih banyak daripada yang dari luar negeri,” ujar Bambang.

Sebelas investor dari Malaysia tersebut berminat menanamkan modalnya pada berbagai sektor, antara lain pengelolaan sampah (waste management), infrastruktur telekomunikasi, properti, jalan raya, layanan kesehatan dan farmasi, energi terbarukan, hingga ke platform e-commerce. Hal ini menandakan perkembangan minat investasi swasta di IKN cukup signifikan.

Daftar investor baru IKN asal Malaysia

Berikut daftar 11 investor Malaysia yang telah menandatangani LOI:

  1. Aliance MEP
  2. Berjaya
  3. Boustead Properties
  4. Carsome HCM
  5. Engineering
  6. i2 Energy
  7. Olympic Cable
  8. Pharmaniaga
  9. Reneuco Success
  10. Electronics & Transformer Manufacturer
  11. Tenaga Nasional Berhad

Related Topics