NEWS

ESDM Umumkan Pemenang Lelang Blok Migas Jabung Tengah dan Paus

Total investasi komitmen pasti capai US$31,2 juta.

ESDM Umumkan Pemenang Lelang Blok Migas Jabung Tengah dan PausIlustrasi anjungan migas. (Pixabay/466654)
28 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan Pemenang Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja Minyak dan Gas (Migas) Paus dan Jabung Tengah, Rabu (28/12).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji, menyampaikan penetapan pemenang didasarkan pada hasil penilaian atas Dokumen Partisipasi dari peserta lelang dan telah dituangkan Keputusan Menteri ESDM.

Jumlah total investasi komitmen pasti dari 2 WK tersebut adalah US$31.207.600 dan bonus tanda tangan US$350.000.

“Pemerintah berharap dengan ditetapkannya pemenang lelang WK Jabung Tengah dan WK Paus ini dapat memberikan kontribusi terhadap ketahanan energi Indonesia kedepannya. Kami menghimbau kepada pemenang lelang agar dapat melaksanakan dengan baik Komitmen Pasti yang telah ditetapkan,” kata Tutuka dalam konferensi pers, Rabu (28/12).

WK Jabung Tengah dimenangkan konsorsium PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Rukun Raharja Tbk dengan komitmen pasti tiga tahun senilai US$16.550.000 untuk kegiatan 3 studi G&G, akuisisi dan processing data seismik 2D 500 km, serta kegiatan dua sumur eksplorasi. Ada pula bonus tanda tangan US$150.000.

Sementara WK Paus dimenangkan Blue Sky Paus Ltd dengan komitmen pasti tiga tahun senilai US$14.657.600 untuk kegiatan 2 studi G&G, 1 survei G&G, akuisisi dan processing data seismik 2D 200 km, serta satu kegiatan sumur eksplorasi. Bonus tanda tangannya US$200.000

 

Lelang yang masih berjalan

Tutuka mengatakan lebih jauh bahwa saat ini masih berjalan lelang penawaran langsung untuk WK Sangkar, Peri Mahakam dan Bunga, serta lelang reguler untuk WK Bose.

Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada pada laman https://esdm.go.id/wkmigas.

Menurut data kementerian ESDM, sepanjang 2022 ada 5 Kontrak Kerja Sama (KKS) hasil lelang wilayah kerja yaitu Kontrak Kerja Sama Agung I, Agung II, North Ketapang, Bertak Pijar Puyuh, dan Bawean.

Di luar itu, tengah disiapkan 5 KKS lagi yang merupakan hasil lelang Wilayah Kerja Migas 2022.

“Dengan penandatanganan kelima kontrak kerja sama tersebut, serta beberapa penetapan pemenang hasil lelang Wilayah Kerja, tentu menjadi sebuah indikator yang baik bagi pemerintah bahwa industri hulu minyak dan gas bumi masih memiliki peluang besar untuk dikembangkan serta memiliki daya tarik yang tinggi bagi investor,” ujar Tutuka.

Pada 2023, pemerintah sedang menyiapkan 6 WK yang berpotensi dapat ditawarkan, yaitu WK Seuramoe, Berkah, Arwana, Serpang, Akia, dan Melati

Related Topics