NEWS

Mengenal Flo, Sistem Pembayaran Nirsentuh untuk Tol

Dengan Flo mobil bisa masuk tol tanpa perlu berhenti.

Mengenal Flo, Sistem Pembayaran Nirsentuh untuk TolPantauan arus milir Lebaran 2023 di Tol Cikampek dan Jalan Tol Layang MBZ, Senin (1/5). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
10 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta , FORTUNE - Baru-baru ini sebuah video yang menunjukkan seorang pengendara yang diberhentikan petugas tol viral di media sosial. Pencegatan dilakukan karena si pengendara ketahuan nyelonong masuk tanpa membayar.

Namun, pengendara itu ternyata sudah membayar dengan Flo, yakni sistem pembayaran tol tanpa berhenti. Dengan sistem tersebut, pengendara tidak perlu berhenti untuk mengetukkan kartu e-tol lagi.

Sistem secara otomatis mendeteksi keberadaan stiker RFID (Radio Frequency Identification), memotong saldo, dan membuka portal secara otomatis. Nah, agar Anda tidak salah paham, kenali sistem pembayaran Flo seperti dalam penjelasan berikut ini:

Apa itu Flo?

Flo atau Let It Flo merupakan sistem bayar tol tanpa berhenti yang tengah diujicobakan Jasa Marga sejak 2020. Sistem ini belum dipergunakan secara massal, dan baru dites oleh beberapa pengendara.

Sistem pembayaran tol tanpa setop ini menggunakan stiker RFID (Radio Frequency Identification). Stiker RFID itu terintegrasi dengan aplikasi yang diberi nama Let It Flo.

Saat ini uji coba Flo dilakukan di 100 titik ruas jalan tol di Jabodetabek dan Bali. Jumlah pengguna aktif Let it Flo telah mencapai lebih dari 13.000 dengan rata-rata transaksi harian melibatkan 3.770 kendaraan.

Stiker khusus pada mobil

Untuk kendaraan yang menggunakan Flo, stiker RFID ditempel pada lampu utama sebelah kanan. Stiker tersebut akan terbaca secara otomatis saat kendaraan melintasi gardu tol yang ditandai dengan logo Flo. Portal pada gardu tol akan terbuka secara otomatis begitu membaca frekuensi tersebut.

Stiker ini juga dapat terbaca dalam cuaca apa pun. Cukup dengan memperlambat laju kendaraan maksimal 20 km/jam saat memasuki gerbang tol, maka mobil bisa langsung melintas.

Kemudian untuk memantau dan mengisi ulang saldo, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Let It Flo yang bisa diunduh lewat Google Play dan AppStore.

Related Topics