NEWS

Pagelaran Java Jazz Festival 2023 Pacu Transaksi Digital

Transaksi Tapcash BNI naik 12,9% saat Java Jazz

Pagelaran Java Jazz Festival 2023 Pacu Transaksi DigitalSuasana BNI Java Jazz Festval 2023/Dok BNI
05 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pagelaran BNI Java Jazz Festival 2023 telah digelar selama 3 hari berturut turut pada 2,3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Pagelaran musik jazz tersebut diyakini dapat memberikan multiplier effect bagi berbagai sektor ekonomi kreatif seperti musisi, event organizer, periklanan, penjualan tiket, hingga produk UMKM. 

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI), Royke Tumilaar juga mengatakan, acara tersebut menjadi salah satu upaya perseroan untuk mendorong transaksi digital di tengah bangkitnya ekonomi Indonesia, khususnya bagi para pelaku ekonomi kreatif. 

"Kami berharap gelaran ini dapat memberikan kontribusi bagi bangkitnya ekonomi kreatif serta seluruh sektor ekonomi di Indonesia," kata Royke melalui keterangan resmi di Jakarta, Minggu (4/6). 

Pacu digital, transaksi Tapcash BNI naik 12,9% saat pagelaran Java Jazz

Endah N Rhesa dalam pagelaran BNI Java Jazz Festival 2023/Fortune Indonesia Suheriadi

Lebih lanjut, menurut Royke, terselenggaranya BNI Java Jazz Festival 2023 juga akan mendorong konsumsi masyarakat dan berujung pada meningkatnya perekonomian nasional. 

Diketahui bahwa sektor konsumsi selalu menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini terlihat dari capaian pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal I 2023 yang mencapai 4,54 persen. Capaian tersebut berkontribusi 52,88 persen pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,03 persen di kuartal I 2023. 

"BNI Java Jazz Festival 2023 tentu akan mendorong konsumsi masyarakat yang selama ini selalu menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia," imbuhnya.

Di sisi lain, BNI sebagai salah satu pionir digital banking terus mendukung transaksi non tunai melalui Tapcash untuk kebutuhan transportasi, F&B, dan belanja. 

Tercatat, total kartu Tapcash hingga kuartal I 2023 telah mencapai 10,4 juta keping, dengan sirkulasi volume transaksi Rp474 miliar. Adapun, pihaknya telah mencatat adanya peningkatan transaksi Tapcash sebesar 12,9 persen di setiap pagelaran Java Jazz tiap tahunnya. Tak hanya itu, BNI juga mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam pagelaran tersebut. 

"Gelaran ini juga telah menjadi momentum kami untuk menyosialisasikan produk digital BNI baik itu Mobile Banking, TapCash, QRIS, dan lainnya," pungkasnya.

Related Topics