NEWS

Hati-hati! 10 Negara Paling Rawan Gempa Bumi

Berada di atas Cincin Api Pasifik dan lempengan bumi rawan.

Hati-hati! 10 Negara Paling Rawan Gempa Bumiilustrasi negara rawan gempa (unsplash.com/Nadiia Ganzhyi)
24 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Selain Indonesia, ada sejumlah negara paling rawan gempa. Bencana alam ini dapat menyebabkan kerusakan secara massal dan menimbulkan kerugian yang besar.

Selain itu, gempa bumi juga dapat memicu bencana alam lainnya, seperti tanah longsor hingga tsunami.

Ada beberapa hal yang menyebabkan gempa bumi terjadi, yakni mulai dari pergeseran lempeng tektonik, tekanan air, perubahan suhu, pergerakan magma di gunung berapi, dan lain-lain.

Baru-baru ini (21/11/2022) telah terjadi peristiwa gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berdasarkan data terbaru (22/11/2022) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa cianjur telah merenggut sebanyak 268 jiwa.

Selain itu, di beberapa negara lainnya juga sama seperti Indonesia rawan dengan gempa bumi. Hal ini disebabkan letak geografisnya yang berada di atas lempeng bumi yang rawan dan maupun cincin api.

Berikut deretan negara paling rawan gempa bumi yang perlu Anda ketahui.

1. Jepang

gempa dan tsunami jepang tahun 2011
ilustrasi gempa dan tsunami jepang tahun 2011 (dok.U.S. Navy photo)

Negara paling rawan gempa bumi adalah Jepang. Negara ini juga dilewati Cincin Api Pasifik dan rawan akan gempa bumi dan aktivitas tektonik.

Untuk menghindari hal tersebut, pemerintah kemudian mengembangkan sebuah teknologi yang bisa mendeteksi guncangan gempa sekecil apapun. Selain itu, negara sakura ini juga memiliki sistem nasional yang akan memberitahukan kepada penduduknya bila bencana tersebut terjadi.

2. Indonesia

Gempa Cianjur
ilustrasi Gempa Cianjur (dok.bnpb)

Related Topics