Comscore Tracker
NEWS

Hati-hati! 10 Negara Paling Rawan Gempa Bumi

Berada di atas Cincin Api Pasifik dan lempengan bumi rawan.

Hati-hati! 10 Negara Paling Rawan Gempa Bumiilustrasi negara rawan gempa (unsplash.com/Nadiia Ganzhyi)

by Surti Risanti

Selain Indonesia, ada sejumlah negara paling rawan gempa. Bencana alam ini dapat menyebabkan kerusakan secara massal dan menimbulkan kerugian yang besar.

Selain itu, gempa bumi juga dapat memicu bencana alam lainnya, seperti tanah longsor hingga tsunami.

Ada beberapa hal yang menyebabkan gempa bumi terjadi, yakni mulai dari pergeseran lempeng tektonik, tekanan air, perubahan suhu, pergerakan magma di gunung berapi, dan lain-lain.

Baru-baru ini (21/11/2022) telah terjadi peristiwa gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berdasarkan data terbaru (22/11/2022) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa cianjur telah merenggut sebanyak 268 jiwa.

Selain itu, di beberapa negara lainnya juga sama seperti Indonesia rawan dengan gempa bumi. Hal ini disebabkan letak geografisnya yang berada di atas lempeng bumi yang rawan dan maupun cincin api.

Berikut deretan negara paling rawan gempa bumi yang perlu Anda ketahui.

1. Jepang

gempa dan tsunami jepang tahun 2011

Negara paling rawan gempa bumi adalah Jepang. Negara ini juga dilewati Cincin Api Pasifik dan rawan akan gempa bumi dan aktivitas tektonik.

Untuk menghindari hal tersebut, pemerintah kemudian mengembangkan sebuah teknologi yang bisa mendeteksi guncangan gempa sekecil apapun. Selain itu, negara sakura ini juga memiliki sistem nasional yang akan memberitahukan kepada penduduknya bila bencana tersebut terjadi.

2. Indonesia

Gempa Cianjur

Tidak dapat dipungkiri, negara Indonesia adalah negara yang dilalui Cincin Api Pasifik. Selain itu, negara ini juga pernah mengalami guncangan hebat, yaitu lebih besar dari 6,0 magnitudo.

Pada tahun 2018, sebanyak sembilan gempa bumi dengan kekuatan lebih dari 6,0 magnitudo mengguncang Indonesia dan mengakibatkan adanya ratusan hingga ribuan korban. Adapun Pulau Jawa dan Sumatera merupakan daerah yang rawan dengan gempa tektonik.

3. China

Gempa Bumi China

Salah satu sejarah gempa bumi terdahsyat di China terjadi pada tahun 2008. Gempa berkekuatan 6,8 magnitudo ini mengguncang Provinsi Sichuan.

Bencana tersebut menjadi gempa yang paling mematikan ke-18 sepanjang sejarah. Jumlah korban yang tewas pada kejadian tersebut lebih dari 87 ribu jiwa.

Sama seperti Indonesia, China juga memiliki daerah pegunungan yang dapat memicu terjadinya gempa bumi serta bencana alam lainya, seperti longsor.

4. Filipina

gempa bumi di filipina

Filipina adalah negara paling rawan gempa karena berada di atas Cincin Api Pasifik. Hal ini yang membuat banyak penduduknya membangun bangunan dengan rangka dan struktur yang kuat.

5. Iran

Gempa Bumi Iran 1990

Pada tahun 1990, negara Iran pernah mengalami musibah gempa bumi yang menewaskan ribuan orang di Provinsi Gilan. Hal ini disebabkan negara tersebut berada di atas batas lempengan dan garis patahan.

6. Peru

gempa bumi di Peru Mei 2022

Negara Amerika Selatan yang juga rawan gempa bumi adalah Peru. Pada bulan Mei 2022, Peru pernah mengalami guncangan hebat dengan kekuatan 7,2 skala Richter.

7. Turki

Gempa Turki November 2022

Pada hari ini Rabu (23/11/2022), telah terjadi gempa bumi di Turki dengan kekuatan magnitudo sebesar 6,0. Hal ini menyebabkan kerusakan dan puluhan orang mengalami luka-luka.

8. Meksiko

Gempa Bumi Meksiko

Negara paling rawan gempa bumi selanjutnya adalah Meksiko. Pada 19 September 1985, negara ini pernah mengalami gempa terdahsyat dengan kekuatan 8,1 magnitudo.

9. Italia

gempa di Italia

Italia adalah negara yang sangat rawan dengan guncangan. Hal ini disebabkan negara ini berada jalur patahan Lempeng Eurasia dan dikelilingi oleh sejumlah lempengan lainnya, seperti Lempeng Anatolia, Lempeng Laut Aega, dan Lempeng Adriatik.

10. Amerika Serikat

gempa bumi di Amerika Serikat

Ternyata Amerika Serikat juga negara yang rawan dengan gempa bumi. Hal tersebut dikarenakan negara ini memiliki sejumlah jalur patahan utama, yakni Sesar New Madrid dan Sesar San Andreas.

Itulah tadi negara paling rawan gempa bumi karena letaknya yang berada di atas Cincin Api Pasifik dan lempengan bumi yang rawan.

Related Articles