Comscore Tracker
NEWS

5 Syarat Menjadi Negara Maju, Indonesia Masuk?

Syarat yang wajib dipenuhi.

5 Syarat Menjadi Negara Maju, Indonesia Masuk?ilustrasi negara maju (unsplash.com/ Sanjay B)

by Surti Risanti

Terdapat lima syarat menjadi negara maju yang harus dipenuhi. Namun, sebelum membahas syaratnya, ketahui dulu jenis-jenis negara dalam penjelasan singkat.

Negara dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan kualitas ekonominya, yaitu negara maju, negara berkembang, dan negara terbelakang.

Beberapa negara yang termasuk dalam kategori maju, yakni Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan beberapa negara lainnya.

Indonesia masih tergolong ke dalam negara berkembang karena belum memeuhi syarat sebagai negara maju.

Lantas, apa saja syaratnya? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu negara maju?

negara maju

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa negara terbagi ke dalam tiga tingkatan, yakni negara maju, negara berkembang, dan negara terbelakang.

Negara maju adalah negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik, stabil, bahkan meningkat. Hal ini terbukti dari masyarakatnya yang sejahtera dan hidup dengan makmur.

Negara berkembang adalah negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi naik turun atau tidak stabil.

Sedangkan, negara terbelakang merupakan negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi ke bawah dan masyarakatnya jauh dari kata sejahtera.

Selain dinilai dari tingkat kesejahteraan, infrastruktur dan prasarana negara tersebut dikelola dengan sangat baik. Negara maju juga memiliki perkembangan teknologi yang pesat dan semakin canggih. 

Syarat menjadi negara maju

negara maju

Apabila Indonesia ingin masuk ke dalam kategori negara maju, hendaknya memenuhi persyaratan di bawah ini. Adapun syarat menjadi negara maju adalah sebagai berikut:

1. Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi

Pendapatan per kapita yang tinggi akan berdampak pada tingkat kemakmuran masyarakatnya. Semakin tinggi pendapatan per kapita, maka semakin kecil tingkat kemiskinannya.

Umumnya, pendapatan per kapita negara maju rata-rata sebesar US$10 ribu per tahun.

Apabila negara tersebut belum mampu melampaui angka tersebut, maka belum bisa dikategorikan sebagai negara maju.

2. Angka pengangguran kecil

Syarat menjadi negara maju adalah angka atau tingkat penganggurannya kecil. Hal ini dikarenakan negara menyediakan lapangan pekerjaan yang begitu banyak.

Negara berkembang dan negara terbelakang umumnya memiliki tingkat pengangguran yang besar. Kurangnya lapangan pekerjaan bisa menjadi salah satu penyebab kepadatan penduduk pada suatu wilayah.

3. Ekspor lebih banyak

Negara maju umumnya memiliki komoditi ekspor yang lebih banyak ketimbang impor. 

Hal tersebut terjadi karena negara ini mampu untuk memproduksi produk. Hal ini dibarengi dengan kemajuan teknologi dan sumber daya yang memadai di negara tersebut.

Maka, tidak heran bila negara maju bisa memproduksi produk sendiri, bahkan melakukan ekspor ke seluruh negara lainnya.

4. Tingkat pendidikan terjamin

Tingkat pendidikan terjamin adalah syarat menjadi negara maju. Pembiayaan pendidikan di negara tersebut dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tingkat pendidikan yang baik akan menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan ahli di bidangnya. Tentunya masyarakat berpendidikan nanti akan memberikan kontribusi yang baik demi kemajuan negaranya.

5. Keamanan dan kesehatan terjamin

Negara maju menjamin keamanan dan kesehatan masyarakatnya. Hal ini dikarenakan negara memberikan fasilitas kesehatan yang memadai, sehingga biaya pengobatan bisa dijangkau oleh masyarakat.

Selain itu, negara menjamin keamanan warganya, termasuk para pelancong atau turis sekalipun. Meski kejahatan tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi, akan tetapi negara maju memiliki keamanan dan kesehatan yang baik.

Contoh negara maju di benua Asia

negara Singapura

Berikut ini beberapa negara maju di benua Asia yang memiliki tingkat perekonomian yang baik, di antaranya adalah:

  • Jepang
  • Tiongkok
  • Korea Selatan
  • Singapura.

Itulah tadi syarat menjadi negara maju yang harus dipenuhi, di antaranya pendapatan perkapita tinggi, terjaminnya kesehatan, keamanan, dan pendidikan penduduknya.

Related Articles