NEWS

4 Stadion yang akan Jadi Tempat Tanding Piala Dunia U-17

Profil 4 stadion yang akan jadi tempat tanding Pildun U-17.

4 Stadion yang akan Jadi Tempat Tanding Piala Dunia U-17Jakarta International Stadium. (Pexels.com/Oktavianus Mulyadi)
08 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Apa saja 4 stadion yang akan dijadikan tempat pertandingan Piala Dunia U-17? Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI telah memberikan bocoran, walau putusannya belum diumumkan secara resmi.

Keputusan itu hasil dari kesepakatan antara FIFA dan PSSI. Sebelumnya, ada delapan calon stadion yang diajukan oleh PSSI kepada FIFA. Namun, berkaitan dengan efisiensi dana, kedua pihak setuju untuk hanya memakai empat stadion.

“Tinggal 94 hari lagi menuju Piala Dunia U-17, tentu dana yang harus digelontorkan harus seefisien mungkin,” kata Erick saat ditemui pers di Indonesia Arena, dikutip dari IDN Times (8/8).

Selain karena efisiensi, pemilihan empat stadion itu juga berlandaskan kemudahan transit untuk pemain dan tim, serta urusan terkait logistik.

“Kita memikirkan logistik juga, terbang ke sana dan ke sini, itu kan harus diperhitungkan juga,” ujar Erick.

Nantinya, dua grup akan berlaga di Jakarta, dua grup di Bandung, serta masing-masing satu grup akan bertanding di Solo dan Surabaya.

PSSI bakal menemui Kemenpora dan Kemen-PUPR, Rabu (9/8), demi membicarakan tentang kunjungan FIFA ke Tanah Air pada 26 Agustus 2023. Sejumlah gubernur juga akan bergabung dengan diskusi itu.

Profil 4 stadion yang akan dijadikan tempat pertandingan Piala Dunia U-17

Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

FIFA sebelumnya sudah mengunjungi Indonesia dan mengecek dan menginspeksi empat stadion yang dicalonkan sebagai cikal-bakal venue Piala Dunia U-17, yakni: Manahan, Gelora Bung Tomo, Si Jalak Harupat, dan Jakarta International Stadium (JIS).

Pemeriksaan pertama itu merupakan tahap awal. Setelah kunjungan kedua pada 26 Agustus, FIFA baru akan menetapkan stadion yang akan dipakai dalam gelaran Piala Dunia U-17.

Adapun, berikut ini profil dari 4 stadion yang akan dijadikan tempat pertandingan Piala Dunia U-17:

  • Jakarta International Stadium

Jakarta International Stadium  dikelola oleh Jakpro Group atau PT Jakarta Propertindo. Terletak di kawasan terpadu Jakarta Utara, JIS dapat menampung 80.000 orang untuk acara sepak bola. Selain untuk olahraga tersebut, JIS juga bisa menjadi lokasi untuk mengadakan konser. Sejumlah konser yang pernah digelar di JIS, di antaranya: Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya dan festival musik Jisphoria.

  • Manahan

Stadion Manahan Solo menjadi salah satu ikon wisata olahraga di Kota Surakarta. Stadion ini berdiri pada 21 Februari 1998. Pada 2011, stadion ini menjadi lokasi acara ASEAN Para Games. Beberapa klub sepak bola bermarkas di sini, seperti Pelita Solo, Persis Solo, dan Persijatim Solo FC.

  • Gelora Bung Tomo

Gelora Bung Tomo dapat menampung 45.000 penonton, stadion terbesar di Surabaya, Jawa Timur. Dengan anggaran senilai Rp100 miliar, stadion tersebut mulai berdiri pada 1 Januari 2008 dan mulai beroperasi pada 6 Agustus 2010.

  • Si Jalak Harupat

Si Jalak Harupat mampu menampung 27.000 penonton. Proses pembangunannya menghabiskan dana senilai Rp67 miliar. 

Related Topics