NEWS

Ini Daftar 7 Stadion yang Disiapkan Untuk Piala Dunia U17

Indonesia resmi jadi tuan rumah piala dunia U-17.

Ini Daftar 7 Stadion yang Disiapkan Untuk Piala Dunia U17Delegasi FIFA meninjau kesiapan stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, yang akan jadi venue Piala Dunia U-20. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
21 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - FIFA melalui laman resminya pada 23 Juni lalu mengumumkan perihal penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru. Ini menjadi kabar baik, setelah beberapa bulan sebelumnya FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 akibat beberapa hal.

Piala Dunia U-17 rencananya digelar pada 10 November-2 Desember 2023 dengan 24 tim yang akan bertanding dalam kejuaraan tersebut.

Berikut tujuh stadion yang tengah disiapkan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-17, satu stadion lain masih dalam tahap pertimbangan.

1. Jakarta International Stadium (JIS)

Jakarta International Stadium.
Jakarta International Stadium. (Pexels.com/Oktavianus Mulyadi)

Jakarta International Stadium (JIS) terletak di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Awalnya, stadion ini dikenal dengan nama Stadion Bersih Manusia Wibawa (BMW) dan memiliki kapasitas sebanyak 82.000 kursi.

Proses pembangunan JIS dimulai sejak tahun 2008, saat Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Pada 2019, pembangunan stadion ini resmi dimulai dengan anggaran Rp 4,5 triliun. Pada bulan April 2022, JIS selesai dibangun dan diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 24 Juli 2022.

Sejak pembukaan, JIS telah digunakan untuk berbagai acara, termasuk konser musik dan perayaan salat Idul Fitri pada tahun 2022.

2. Gelora Bung Karno, Jakarta

Stadion Gelora Bung Karno (GBK)/Dok. GBK.id

Related Topics