NEWS

9 Manfaat Batu Bara yang Jadi Harta Berharga Negara

Banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

9 Manfaat Batu Bara yang Jadi Harta Berharga Negarailustrasi pabrik batu bara (Unsplash.com/Chris LeBoutillier)
29 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Batu bara menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu manfaatnya yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari adalah untuk energi listrik.

Walaupun batu bara diambil manfaatnya secara massal, ternyata batu bara adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan harganya juga mahal.

Batu bara yang berasal dari batuan sedimen ini terbentuk dari sisa endapan organik dan memiliki sifat mudah terbakar. Menurut penelitian para ahli geologi, terbentuknya batu bara sekitar 340 juta tahun lalu dari sisa-sisa tumbuhan.

Dengan sifat batu bara yang mudah terbakar serta memiliki panas diatas rata-rata, sangat cocok untuk bahan bakar dan dapat diolah menjadi energi lainnya.

Berikut ini sederet pemanfaatan batu bara, antara lain:

1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

ilustrasi steam electricity
ilustrasi steam electricity (Unsplash.com/Jason Blackeye)

Pemanfaatan batu bara adalah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Kementerian ESDM mencatat, konsumsi batu bara dalam negeri (Domestic Market Obligation) menurut data tahun 2020 adalah sebesar121,89 juta ton.

Ada sekitar 237 PLTU batu bara di Indonesia saat ini. Secara perinci, 31 persen di Bali, Jawa dan Nusa Tenggara. 25 persen di daerah Sumatera, 17 persen di Sulawesi, 2 persen di Maluku, dan 1 persen di Papua

Konsumsi batu bara secara massal ini tidak hanya ada di Indonesia, tetapi hingga berbagai negara, mulai dari India, Tiongkok, Jerman, Australia, Jepang, dan masih banyak lagi negara lainnya.

2. Penghasil berbagai produk gas

Produk yang juga dihasilkan oleh batu bara adalah produk gas alam. Batu bara yang masih tersembunyi dalam tanah ini mampu menghasilkan gas alam.

Kemudian, gas alam ini akan diolah di pertambangan dan diolah menjadi berbagai produk. Produk gas ini berupa bahan bakar untuk industri, salah satunya pembangkit listrik tenaga gas.

Related Topics