Comscore Tracker
TECH

Demi Internet Lancar, Telkomsel Siapkan Akses Broadband Terbaik di G20

Telkomsel mengoptimalkan jaringan di lebih dari 35 ribu BTS.

Demi Internet Lancar, Telkomsel Siapkan Akses Broadband Terbaik di G20Telkomsel memastikan kesiapan akses jaringan broadband untuk mendukung kenyamanan konektivitas digital dalam G20 di berbagai wilayah Indonesia. Dok/Telkomsel.

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyampaikan komitmennya dalam memastikan konektivitas digital pada ajang Presidensi G20 di sejumlah wilayah Indonesia. BUMN Operator telekomunikasi ini menyiapkan akses jaringan broadband terbaik yang berteknologi mutakhir.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, dalam keterangan resmi yang dikutip pada Rabu (20/7), mengatakan perseroan sejak awal tahun telah memastikan kesiapan infrastruktur, termasuk kapasitas dan kualitas jaringan broadband, untuk rangkaian kegiatan G20 yang digelar pada Maret sampai Desember tahun ini.

“Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia turut terpanggil untuk memastikan penyediaan akses broadband dalam mendukung kenyamanan konektivitas digital seluruh perwakilan delegasi yang akan hadir, guna membuka lebih banyak peluang kemajuan bersama seluruh negara yang tergabung dalam G20,” kata Hendri.

Menurutnya, Telkomsel telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 35 ribu BTS broadband, termasuk tambahan 190 BTS 5G.

Perusahaan, kata dia, turut mengoperasikan 11 Compact Mobile BTC (Combat) di sejumlah wilayah yang menggelar rangkaian G20, seperti Digital Economy Working Group (DEWG), Business 20 (B20) summit, Youth 20 (Y20) summit, Energy Transitions Working Group (ETWG), dan Women 20.

Pada pelaksanaan DEWG, misalnya, Telkomsel akan menggelar showcase pemanfaatan teknologi jaringan 5G, menurut Hendru. Hal itu demi mendukung ikhtiar menuju revolusi industri 4.0 serta tiga isu prioritas, yaitu konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

Kemudahan akses

Telkomsel memastikan kesiapan akses jaringan broadband untuk mendukung kenyamanan konektivitas digital dalam G20 di berbagai wilayah Indonesia. Dok/Telkomsel.

Selain memastikan akses broadband, kata Hendri, Telkomsel menghadirkan pula kemudahaan akses produk dan layanan bagi delegasi dari mancanegara melalui Telkomsel Prabayar Tourist. Menurutnya, kartu perdana khusus turis itu tersedia di sejumlah titik transit G20, seperti bandara, tempat penginapan, dan lokasi acara.

Sementara, bagi perwakilan delegasi G20 yang akan tetap menggunakan layanan dari negara asal, Telkomsel memastikan layanan international roaming. BUMN itu telah bekerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara.

Menurutnya, kemitraan ini mencakup 4G Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan 12 perusahaan operator telekomunikasi.

Dia menambahkan, Telkomsel juga menyediakan layanan asistensi proses registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) perangkat pintar yang akan digunakan perwakilan delegasi selama G20. Penyediaaan layanan ini dilakukan via koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perdagangan.

“Kehadiran konektivitas digital berteknologi terdepan dari Telkomsel akan semakin memperkuat komitmen dalam mengakselerasikan ekosistem gaya hidup digital yang inklusif dan berkelanjutan yang dapat mendukung berbagai program kerja pemerintah” ujarnya.

Related Articles