Comscore Tracker
TECH

Jumlah Mitra 15 Juta, GoTo Rilis Situs Informasi untuk Bantu UMKM

Sedia informasi & edukasi bisnis bagi UMKM.

Jumlah Mitra 15 Juta, GoTo Rilis Situs Informasi untuk Bantu UMKMIlustrasi logo GoTo. (Shutterstock/Wirestock Creators)

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk secara resmi merilis situs web Mitra Usaha GoTo untuk membantu mengembangkan bisnis usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Nantinya, laman perusahaan teknologi tersebut akan menyediakan informasi bagi pelaku usaha lokal dari pelbagai bidang.

Dalam siaran persnya, dikutip Kamis (25/8), GoTo menyatakan situs tersebut menyediakan seluruh informasi mengenai pelbagai program, inisiatif, dan solusi dari ekosistem GoTo, seperti Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Menurut perusahaan dengan kode saham GOTO, terdapat 15,1 juta mitra usaha dalam ekosistem GoTo, serta pelaku usaha lainnya yang bisa mengakses laman www.mitrausahagoto.com. 

Chief of Corporate Affairs GoTo, Nila Marita, mengatakan perusahaan berharap kemudahan akan akses informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya.“Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, kami berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi semua pelaku usaha agar dapat tumbuh bersama-sama dengan bantuan teknologi digital.

Menurutnya, situs utama GoTo turut menjadi tempat pengenalan sejumlah bisnis, seperti layanan efisiensi operasional dan kasir (GoBiz, Selly, Moka), pembayaran digital (MidTrans, Gopay, dan Gobiz Plus), logistik (GoSend dan Dilayani Tokopedia), dan permodalan (GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala).

Mitra UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha, seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

Kolaborasi dan sinergi

Selama pandemi Covid-19, lebih dari empat juta mitra usaha baru dikatakan telah bergabung ke dalam ekosistem GoTo. Tokopedia membukukan kenaikan jumlah penjual di sejumlah daerah. Hal yang sama terjadi pada layanan teknologi finansial GoTo, yang tumbuh 91 persen secara kuartalan pada Q1-2022.

Menurut Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia, UMKM merupakan penyokong lebih dari 60 persen pendapatan negara. Karenanya, perusahaan bertanggung jawab dalam mendukung UMKM untuk mendorong pemulihan ekonomi dari dampak pandemi.

SItus web Mitra Usaha GoTo yang lahir dari kolaborasi di dalam ekosistem diharapkan dapat menolong UMKM dalam mendapatkan informasi, edukasi, dan inspirasi untuk meningkatkan daya saing.

“UMKM lokal dari berbagai daerah di Indonesia juga akan lebih dipermudah untuk ikut serta dalam berbagai inisiatif yang mengusung pendekatan hyperlocal melalui situs web Mitra Usaha GoTo,” katanya.

Related Articles