Comscore Tracker
TECH

Apa itu VGA? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Tampilan grafis jadi lebih jernih.

Apa itu VGA? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnyailustrasi VGA (pexels.com/IT Services EU)

by Surti Risanti

Video Graphic Array atau VGA adalah bagian terpenting pada perangkat komputer. VGA dinilai sebagai bagian penting dari suati perangkat karena komponen ini memberikan detail grafik dan visual pada layar monitor.

Ada banyak jenis VGA yang bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan komputer atau laptop menjadi lebih jernih lagi. Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai apa itu VGA, fungsi, dan jenisnya dalam artikel di bawah ini.

Pengerti VGA

ilustrasi adapter VGA

VGA Card atau VGA adalah hardware pada komputer yang berperan penting untuk memberikan detail visual atau grafik pada layar. 

Bentuk dari perangkat keras berperan untuk menghubungkan CPU dengan proyektor ataupun monitor. Umumnya, hardware ini memiliki beragam bentuk seperti kabel, port, serta konektor yang bisa menghubungkan monitor pada kartu video.

VGA sendiri memiliki tiga bagian, yaitu 5 pin atas, 5 pin tengah, dan 5 pin bagian bawah, di mana kabel ini nanti bisa Anda pasangkan pada port VGA yang tersedia di perangkat.

Hardware komputer ini dapat Anda jumpai di toko perangkat komputer berwarna merah dan biru. Bisanya, kabel ini digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer versi lama.

Perbedaan VGA dan GPU

VGA tidak sama dengan GPU (Graphic Processing Unit), dikarenakan GPU lebih berfokus mengolah tampilan grafis perangkat. GPU berbentuk seperti chip atau kartu. Sedangkan, VGA adalah perantara untuk menghubungkan kartu grafis tersebut dengan layar monitor.

GPU memiliki beragam jenis diantaranya adalah NVIDIA Maxwell, AMD Fiji, NVIDIA Kepler, dan lainnya. Selain itu, GPU terus mengalami pembaharuan setiap tahun seperti performa hingga efisiensi dayanya.

Fungsi VGA

ilustrasi kabel VGA

Fungsi utama dari VGA adalah untuk menampilkan gambar pada display monitor. Akan tetapi, pada komputer dengan spesifikasi terbaru, VGA sudah diganti pada motherboard atau VGA Card Onboard. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan fungsi VGA:

Menerjemahkan output dari komputer atau CPU ke monitor

VGA berperan penting untuk menerjemahkan grafis pada komputer ke monitor sehingga pengguna bisa melihat tampilan pada layar. Dalam hal ini, informasi grafis yang diterima akan diolah untuk ditampilkan, dengan cara decoding MPEG-2/MPEG-4 atau merender grafis 2D dan 3D.

Menghubungkan perangkat komputer dengan layar atau TV

Anda bisa menggunakan kabel VGA untuk menghubungkan perangkat dengan perangkat lainnya, seperti TV atau infocus. Hasil output tidak hanya berbentuk tampilan saja, tetapi juga suara yang terhubung karena terdapat sound card.

Membuat kualitas grafis lebih bagus

Bagi Anda yang senang bermain game pada komputer atau merambah ke dunia desain grafis, tentu memerlukan tampilan layar yang jernih dan kualitas yang bagus. Ada baiknya Anda menambahkan VGA Card agar kualitas grafis pada monitor lebih detail lagi.

Fungsi lainnya

Apabila Anda menggunakan VGA Card, maka Anda akan merasakan fungsi lain dari perangkat ini. Dikarenakan VGA Card memiliki pendingin sendiri, RAM serta pengatur daya untuk mengolah informasi. 

Hal ini membuat RAM dan CPU Anda tidak akan bekerja terlalu berat, dikarenakan telah dibantu oleh RAM pada VGA Card.

Jenis-jenis VGA

ilustrasi VGA komputer

Terdapat dua jenis VGA Card yang bisa Anda gunakan yakni berdasarkan memori dan fisiknya sebagai berikut:

Berdasarkan memori

Jenis VGA Card terdiri dari empat jenis, yaitu Rambus, VRAM, Dynamic RAM, SGRAM.

Rambus

Jenis VGA Memori ini biasanya ditemukan pada device video game seperti Sega dan Nintendo. Akan tetapi, masih sedikit yang menggunakan Rambus ini.

VRAM

Jenis VGA ini biasanya digunakan perangkat graphic designer. Adapun contoh VRAM ini adalah Diamond Fire GL, Diamond Stealth, dan lain-lain.

Dynamic RAM

Dynamic RAM cocok untuk komputer dengan spesifikasi entry level yaitu komputer yang tidak memerlukan kecepatan tinggi atau warna grafis yang banyak.

Berdasarkan fisiknya

Selain jenis VGA yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa menemukan jenis VGA berbentuk fisik. Terbagi kedalam dua jenis yaitu VGA onBoard dan VGA Add On.

VGA adalah salah satu komponen komputer yang menghubungkan CPU atau perangkat komputer ke monitor. Beli VGA sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Topics

Related Articles