Comscore Tracker
TECH

5 NFT Termahal Sepanjang Sejarah

Yang termahal dijual US$69,3 juta atau sekitar Rp988,5 M.

5 NFT Termahal Sepanjang SejarahKarya NFT. (Shutterstock/Rokas Tenys)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE – Dunia NFT (Non-fungible token) menuliskan sejarah pada 2020 dan 2021. Berkat minat terhadap token yang meningkat, marketplace sukses mencatat kenaikan transaksi dan mencetak rekor volume perdagangan.

Mengutip laporan NonFungible dan L’Atelier, Senin (27/9), transaksi NFT melompat tiga kali lipat pada 2020, melampaui US$250 juta. Saat itu, dunia virtual merupakan salah satu segmen terpopuler—menguasai 25 persen pasar. Akan tetapi, segmen seni turut mengejar dengan pertumbuhan penjualan 2.800 persen pada tahun lalu.

Setahun setelahnya, NFT tidak lantas meredup. Berdasar laporan Reuters, pasar NFT meroket ke level tertinggi pada kuartal II 2021, dengan penjualan US$2,5 miliar. Itu melambung tinggi ketimbang pada paruh pertama 2020, di mana penjualan hanay US$13,7 juta.

Salah satu marketplace beken NFT, OpenSea, juga melihat lonjakan aktivitas dan volume perdagangan. Mencatut data lembaga analitik, DappRadar, platform telah menghimpun US$1,22 miliar volume perdagangan selama Juli hingga pertengahan Agustus 2021.

Terlebih, volume perdagangan telah melebihi US$800 juta sejak awal Agustus. Salah satu pemantiknya adalah lambungan harga koleksi populer dan penjualan NFT bernilai tinggi dalam beberapa waktu belakangan.

Menukil Decrypt, Fortune Indonesia telah menghimpun 5 NFT dengan harga penjualan termahal dalam sejarah. Berapakah harga masing-masing aset NFT itu?

Berikut merupakan harga NFT termahal:

1. Everydays: The First 5000 Days (US$69,3 juta)

Karya ini menyandang gelar ‘NFT termahal yang pernah dijual’—bahkan termasuk salah satu karya seni termahal dunia. Karya buatan seniman digital beken Mike ‘Beeple’ Winkelmann itu dijual seharga US$69,3 juta di rumah lelang Christie’s.

NFT itu mewakili kolase 5.000 karya seni Beeple sebelumnya, menunjukkan pertumbuhannya sebagai artis sepanjang karier. Pembelinya bernama Vignesh ‘Metakovan’ Sundaresan. Awalnya, dia ingin tetap menggunakan pseudonim, tetapi akhirnya memutuskan mengungkapkan identitasnya.

“(Ini untuk) menunjukkan kepada orang India dan POC (People of Color) juga dapat menjadi pelindung, bahwa kripto adalah kekuatan penyeimbang antara Barat dan negara lain, dan (tanda bahwa) negara di Selatan dunia sedang bertumbuh,” jelasnya.

Penawar tertinggi kedua, yakni pendiri dan CEO Tron Justin Sun—dengan tawaran senilai US$60,2 juta.

2. CryptoPunk #7523 (US$11,8 juta)

Berbentuk gambar wajah piksel, CryptoPunks berhasil menjadi salah satu NFT dengan harga penjualan termahal. Karya itu merupakan kumpulan dari 10.000 karakter digital unik yang dibuat secara acak dan contoh pertama dari NFT pertama yang meluncur di blockchain Ethereum. Pengembangnya bernama Matt Hall dan John Watkinson dari studio gim Amerika, Larva Labs.

CryptoPunk #7523 termasuk langka, hanya satu dari sembilan karya ‘Alien punks’ karya Watkinson dan Hall. Peminatnya tidak main-main, salah satunya adalah pemegang saham terbesar DraftKing, Shalom Meckenzie.

“Itu adalah bagian dari koleksi alien, yang paling langka ketimbang koleksi punk lainnya, dan satu-satunya (alien) yang memakai masker,” ujar Meckenzie.

3. CryptoPunk #7904 (US$7,56 juta)

Dylan Field, CEO perusahan perangkat lunak desain, Figma adalah sosok di balik CryptoPunk #7804—NFT dengan harga penjualan termahal ketiga dalam sejarah. Pada Maret 2021, NFT dijual 4.200 ETH, di mana saat itu nilainya setara dengan US$7,5 juta. Karya itu juga bagian dari koleksi alien dengan tiga aksesori utama, yakni topi depan, bayangan, dan cerutu.

4. CryptoPunk #3100 (US$7,51 juta)

Satu lagi bagian dari koleksi alien CryptoPunk. Namun, kali ini aksesorisnya hanya ikat kepala. Menduduki posisi keempat dalam daftar NFT dengan harga penjualan termahal, CryptoPunk #3100 laris terjual dengan 4.200 ETH (setara US$7,51 juta) pada Maret 2021.

5. Crossroad (US$6,66 juta)

Yang kelima ini juga dibuat oleh Beeple. Marketplace Nifty Gateway memproses penjualan NFT senilai US$6,66 juta itu dari tangan pemilik asli (akun Twitter @pablorfraile) ke pembeli anonim. Transaksi itu terjadi empat bulan setelah pembelian sebelumnya, dengan harga 10 kali lipat dari harga asli.

Itulah daftar NFT dengan harga termahal. Mau beli?

Related Articles