BUSINESS

5 Film Spin Off yang Masuk Box Office Sepanjang Masa

Ternyata film spin off bisa sukses seperti film utamanya.

5 Film Spin Off yang Masuk Box Office Sepanjang MasaIlustrasi bioskop. (Pixabay/652234)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

09 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNESpin off dalam industri film merupakan sebuah strategi produksi dengan mengangkat sisi lain sebuah film yang sebelumnya sudah tayang. Hal ini rupanya bisa membawa judul yang dirilis masuk dalam jajaran box office.

Biasanya, film yang diangkat kembali dalam bentuk spin off memiliki prestasi tertentu dan diminati para pencinta film, lantaran ada ada kisah lain yang diangkat dari sisi berbeda dari film utamanya. Umumnya, spin off menceritakan sebuah karakter kuat di film sebelumnya.

Dari film Hollywood, banyak film berjenis spin off yang sudah pernah dibuat, seperti The Nun yang diangkat dari film Conjuring atau Logan dari film X-Men. Sementara, dari Tanah Air, banyak juga film-film spin off yang diangkat dengan harapan bisa sesukses film utamanya, seperti Milly& Mamet dari film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) serta Ben&Jody dari film Filosofi Kopi.

Strategi produksi film berjenis spin off menarik disimak, terlebih ada  banyak film di seluruh dunia cukup sukses berkait versi spin off-nya. Untuk itu, dengan mengutip laman the-numbers.com, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas lima judul film spin off yang meraih pendapatan lebih besar dari biaya produksinya (Box Office) di sepanjang masa.

1. Minions (2015)

Karakter minions.Karakter minions. (Pixabay/Martin Javorek)

Film keluaran tahun 2015 ini menduduki posisi teratas jajaran film spin off yang masuk jajaran Box Office sepanjang masa. Film ini merupakan kisah lain dari para makhluk aneh berwarna kuning di film utamanya, yakni ‘Despicable Me’ yang sukses rilis pada tahun 2010.

Secara global, film spin off ini berhasil mencatatkan pendapatan Box Office sebesar US$1.157.271.759 atau sekitar Rp18,15 triliun (kurs Rp15.690 per dolar AS), secara worldwide.

2. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Salah satu adegan di film Rogue One: A Star Wars Story.Salah satu adegan di film Rogue One: A Star Wars Story. (starwars.com)