BUSINESS

Clase Azul Lakukan Penetrasi Tequila Premium ke Pasar Indonesia

Jadi premium karena rasa Tequila berkelas dan wadah uniknya.

Clase Azul Lakukan Penetrasi Tequila Premium ke Pasar IndonesiaBerbagai varian Clase Azul. (claseazul.com)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

24 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Jenama Tequila premium asal Meksiko, Clase Azul, makin gencar penetrasi di Pasar Indonesia. Ini dilakukan, seiring pertumbuhan restoran, bar, klub, dan hiburan malam.

Director of Southeast Asia untuk Clase Azul, Mark Nguyen, mengatakan Indonesia, khususnya Jakarta dan Bali adalah pasar yang sangat menarik sejak minuman ini pertama kali masuk ke Tanah Air, sekitar 3 tahun lalu.

“Sebelumnya, saya tak menduga pasar minuman Tequila di Indonesia ternyata cukup besar. Banyak bisnis asing yang masuk ke Indonesia untuk berinvestasi, khususnya Bali dan Jakarta. Jadi, seharusnya untuk memasarkan Clase Azul di Indonesia tidak jadi masalah,” ujarnya kepada Fortune Indonesia, Selasa (23/1).

Menurut Mark, saat ia memulai memasarkan Clase Azul sepuluh tahun lalu, ia menyampaikan ke kantor pusat di Jepang, bahwa pasar Indonesia punya potensi yang sangat besar bagi brand ini. Indonesia, khususnya Jakarta dan Bali memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, termasuk para wisatawan yang datang dari berbagai belahan dunia.

“Satu-satunya tantangan yang dihadapi adalah harga produk premium seperti Clase Azul, yang cukup tinggi dibandingkan jenama Tequila lain yang sudah lebih dulu beredar di Indonesia," katanya.

Tapi, hal ini tak jadi masalah, karena menurutnya konsumen bisa merasakan, dari segi wadah dan rasa minuman ini, gelar premium layak untuk disandang.

Cara kurang tepat

Director of Southeast Asia untuk Clase Azul, Mark Nguyen.Director of Southeast Asia untuk Clase Azul, Mark Nguyen. (Fortuneidn/bayu)

Mark menuturkan cara publik Indonesia menikmati Tequila yang selama ini kurang tepat. “Orang berpikir bahwa minuman yang bisa disandingkan bersama makanan mewah itu wine atau whisky. Dengan rasa Tequila yang murni, Clase Azul bisa sangat mungkin dipasangkan dengan makanan mewah, dan itu sangat nikmat,” ujarnya.

Minuman khas Meksiko yang terbuat dari tanaman Agave ini sebenarnya sudah dijual dengan banyak jenama. Namun, Clase Azul berhasil meningkatkan kelas Tequila ke segmen pasar premium. Secara umum, minuman ini menghadirkan rasa asli Tequila murni yang legit, tingkat kemanisan sedang, dan lembut saat terkecap lidah.

Clase Azul disajikan dengan banyak varian berdasar lamanya penyimpanan, mulai dari Plata yang tidak melalui proses penyimpanan, Reposado yang disimpan sekitar delapan bulan, varian Anejo yang menghadirkan Tequila dengan lama penyimpanan hingga 25 bulan, sampai varian Ultra yang melewati lama penyimpanan hingga lima tahun.

“Jadi, dengan rasa yang cukup berkelas karena proses panjang dan wadah mewah, Clase Azul sangat cocok untuk dipasangkan dengan makanan-makanan seperti steak, kaviar, uni (daging bulu babi), atau hidangan istimewa lainnya. Ini saatnya kita tahu bahwa minum Tequila bukan cuma memadukannya dengan garam atau jeruk nipis saja,” ujar Mark .

Mengubah mindset

Clase Azul, Tequila Pairing.Clase Azul, Tequila Pairing. (dok. Clase Azul)