BUSINESS

Pemilik Burger King Akuisisi US$1 M Saham Pewaralaba Terbesarnya di AS

Sebagai upaya memodernisasi gerai Burger King di AS.

Pemilik Burger King Akuisisi US$1 M Saham Pewaralaba Terbesarnya di ASBurger King. (bk.com)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

17 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemilik jenama restoran cepat saji Burger King  membeli Saham pewaralaba terbesarnya di Amerika Serikat (AS) senilai US$1 miliar atau sekitar Rp15,62 triliun (kurs Rp15.618,41 per dolar AS).

Dikutip dari APNews, pembelian ini dilakukan melalui akuisisi saham Carrols Restaurant Inc. sebagai pengelola 15 persen restoran Burger King di AS oleh perusahaan induk Burger King, Restaurant Brands International Inc.

“Perusahaan mengakuisisi seluruh saham yang ditempatkan dan beredar di Carrols Restaurant Group Inc. yang belum dimilikinya seharga US$9,55 per saham,” tulis manajemen dilansir dari APNews, Rabu (17/1).

Restaurant Brands berencana berinvestasi US$500 juta. Dana itu akan digunakan untuk merombak 600 restoran Carrols pasca akuisisi. Hingga kini, Carrols diketahui telah mengoperasikan sekitar 1.022 restoran Burger King di 23 negara bagian AS.

Modernisasi

Gerai Burger King.Gerai Burger King. (bk.com)

Restaurant Brands menyatakan bahwa pembelian besar-besaran dari pewaralaba terbesar Burger King itu dilakukan sebagai upaya memodernisasi restorannya di AS, serta mengejar persaingan dengan para kompetitor, seperti McDonald’s. Kompetitor perusahan ini diketahui menggelontorkan US$6 miliar untuk merombak restorannya di AS pada  2018.

CEO Restaurant Brands, Joshua Kobza, menyatakan bahwa sejak  2022, perusahaan menghabiskan sekitar US$400 juta atau Rp6,25 triliun dalam dua tahun, untuk merombak toko-toko di AS dan meningkatkan periklanan. “Kami membutuhkan hampir semua Burger King di seluruh negeri yang modern, nyaman, dan kompetitif dengan semua konsep lain di luar sana yang memiliki bangunan baru dan modern,” katanya.

Perombakan ini, mencakup penambahan papan menu digital dan peralatan dapur baru, serta perubahan lainnya. Sedangkan, pada musim gugur, perusahaan meluncurkan prototipe restoran baru dengan lebih sedikit tempat duduk, lebih banyak jalur drive-thru, dan area penjemputan untuk pesanan seluler.

Pentingnya akuisisi

Ilustrasi Burger King.Ilustrasi Burger King. (bk.com)

Related Topics