BUSINESS

Tegaskan Komitmen Nol Emisi, Kadin Indonesia dan EV Luncurkan ECOVISEA

Dapat digunakan pelaku bisnis dan UMKM dengan gratis.

Tegaskan Komitmen Nol Emisi, Kadin Indonesia dan EV Luncurkan ECOVISEAECOVISEA, kalkulator emisi GRK. (dok. East Ventures)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

06 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Mempertegas komitmen pencapaian target Net Zero Emission (NZE), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) dan East Ventures (EV), meluncurkan kalkulator emisi gas rumah kaca (GRK) global berbasis web dan gratis digunakan, ECOVISEA.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia, Shinta W. Kamdani, mengatakan bahwa ECOVISEA merupakan platform yang esensial bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mengukur dan mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan.

“Kami yakin bahwa ECOVISEA akan memainkan peran penting dalam memungkinkan perusahaan-perusahaan nasional secara kolektif mencapai target pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencapai Emisi Nol Bersih pada tahun 2060,” ujar Shinta, dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (6/2).

Dengan bimbingan WRI Indonesia sebagai knowledge partner, Kadin Indonesia dan East Ventures yakin bahwa penghitungan emisi oleh perusahaan terkait dampak lingkungan yang mereka hasilkan, merupakan langkah krusial dan mendasar.

Dengan melakukan hal tersebut, mereka dapat mengurangi dampak lingkungan atau membuat keputusan yang tepat untuk mencapai target keberlanjutan.

Sejalan dengan nilai

Sementara itu, Partner East Ventures, Avina Sugiarto, mengatakan bahwa prinsip keberlanjutan merupakan bagian dari DNA East Ventures sejak awal berdiri, sehingga ECOVISEA menjadi produk yang sejalan dengan nilai tersebut.

“Platform inovatif ini menyederhanakan proses perhitungan karbon yang sebelumnya dilakukan secara manual sekaligus memberdayakan dunia usaha untuk mendapatkan visualisasi sumber emisi GRK mereka,” katanya.

Avina mengatakan, dengan menggunakan ECOVISEA, para pelaku bisnis sampai UMKM dapat mengidentifikasi strategi pengurangan emisi dengan lebih baik. Perangkat ini akan menjadi upaya kolaboratif dalam memanfaatkan teknologi digital, keahlian spesifik industri, dan wawasan lapangan.

“Kami bersemangat untuk membuka jalan menuju masa depan yang berkelanjutan, memanfaatkan kekuatan teknologi, dan secara aktif berkontribusi terhadap visi net zero yang dicanangkan pemerintah,” kata Avina.

Spesifikasi

ECOVISEA dirancang untuk menghitung emisi yang dihasilkan perusahaan berdasarkan tiga cakupan, antara lain:

  1. Scope 1: Emisi langsung dari sumber yang dimiliki atau dikuasai perusahaan, seperti pembakaran stasioner, emisi fugitive, pembakaran bergerak, emisi proses, dll.
  2. Scope 2: Emisi tidak langsung dari pembangkitan energi yang dibeli, seperti pembelian listrik, panas atau uap, dll.
  3. Scope 3: Semua emisi tidak langsung lainnya dari rantai nilai perusahaan, baik dari rantai nilai hulu maupun hilir.

Untuk menggunakan perangkat ini, perusahaan dapat mengunjungi ecovisea.com untuk melakukan pendaftaran akun.

Setelah terverifikasi dan terdaftar, para pengguna akan diarahkan dengan petunjuk langkah demi langkah untuk mengunggah datanya ke dalam dasbor akun perusahaan.

Kemudian, perusahaan akan mendapatkan hasil perhitungan atau laporan secara real-time yang disajikan dalam format kumpulan data dan visualisasi.

Untuk versi saat ini, ECOVISEA dapat mendukung para perusahaan dalam menghitung Scope 1, Scope 2, dan beberapa bagian dari Scope 3. Sementara, versi lengkap akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2024.

Privasi data sangat diutamakan di ECOVISEA. Perangkat ini hanya akan menggunakan data yang diunggah untuk menghitung emisi GRK perusahaan.

Platform ini pun hanya akan menyimpan data tersebut secara sementara. ECOVISEA juga terintegrasi dengan sistem privasi data, yang membatasi otoritas untuk mengakses, memasukkan, dan mengubah data perusahaan hanya pada akun yang terdaftar menggunakan domain email perusahaan.