Comscore Tracker
BUSINESS

Memo Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur

Dalam dunia kerja memo bersifat sebagai pengingat.

Memo Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Strukturorang bertemu di kantor menulis memo. shutterstock/Indypendenz

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan ataupun menjadi bagian dari suatu organisasi, memo tergolong dokumen yang lumrah Anda ketahui. Memo dianggap sebagai medium untuk menyampaikan pesan secara singkat kepada orang lain secara luas.  

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memorandum merupakan bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan dalam bentuk nota. Memo ini juga dapat digunakan sebagai surat pernyataan dalam hubungan internal di suatu perusahaan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan memo sebagai nota atau surat peringatan tidak resmi, surat pernyataan dalam hubungan diplomasi, atau bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan.

Jadi, secara umum memo adalah nota untuk menyampaikan putusan dan instruksi kepada anggota dari sebuah organisasi atau karyawan perusahaan.

Dalam dunia kerja, misalnya, memo bersifat sebagai pengingat bagi keseluruhan atau sejumlah besar karyawan suatu perusahaan. Di sisi lain, pada konteks relasi dengan klien, memo dapat berfungsi sebagai alat bantu untuk menjelaskan atau memberikan infomasi tambahan.

Ciri-ciri memo

Untuk lebih memahaminya, Anda dapat menyimak sejumlah ciri memo di bawah ini, seperti dilansir dari laman Tokopedia.

  1. Memo berupa bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penjelasan mengenai suatu hal.
  2. Memiliki bagian seperti surat, namun lebih sederhana.
  3. Informasi yang dikirim jelas dan relevan.
  4. Biasanya tidak mencantumkan identitas kantor seperti nama kantor, nomor telepon, alamat kantor secara lengkap karena peredarannya yang terbatas.
  5. Memo dapat disampaikan secara horizontal (pihak yang memiliki jabatan setara) maupun vertikal (penyampaian dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya

Struktur memo

jasa transkrip dan terjemahan adalah salah satu bisnis sampingan

Seperti disinggung di awal, memo merupakan komunikasi internal yang berfungsi sebagai pengingat suatu prosedur atau bisnis. Itu membuat memo memiliki struktur umum yang bersifat efektif dan efisien.

Struktur umum yang terdapat dalam sebuah memo bisa disimak berikut ini, menurut laman ekrut.

  • Kepala surat memo. Bagian ini berisi penjelasan singkat tentang dari dan untuk siapa memo ini ditujukan. Bagian ini umumnya berisi nama pembuat, tujuan surat memo, subjek memo atau topik, dan tanggal.
  • Pendahuluan. Bagian ini adalah paragraf pertama dari memo yang berisi tentang tujuan memo secara langsung dan ringkas.
  • Detail. Sebagai penjelas, detail tujuan atau subjek memo bisa disertakan pada paragraf berikutnya.
  • Penutup. Bagian akhir dari sebuah memo umumnya diisi dengan kontak selanjutnya terkait tujuan utama memo seperti pencantuman nomor manajer atau bagian terkait adanya instruksi dari memo.

Baca jugaPengertian KUR, Tujuannya, dan Cara Mendapatkannya

Related Topics

Related Articles