Comscore Tracker
FINANCE

NJOP Adalah : Pengertian, Fungsi dan Cara Menghitungnya

NJOP adalah dasar untuk menentukan harga yang tepat.

NJOP Adalah : Pengertian, Fungsi dan Cara MenghitungnyaIlustrasi pasar properti. (Pixabay/coffee)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Pasar properti perlahan pulih dari situasi perekonomian tidak menentu akibat pandemi COVID-19. Namun, perlu dipahami bahwa dalam menentukan harga jual sebuah rumah, kita harus mengetahui harga dasar yang menjadi acuan untuk menentukan harga yang tepat. Agar tidak salah perkiraan, perlu diketahui lebih lanjut tentang NJOP (Nilai Jual Objek Pajak).

Mengacu pada Pasal 1 (3) Undang Undang PBB Pasal 1 (40) Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), NJOP adalah harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar. NJOP sendiri ditentukan melalui perbandingan harga dengan objek lain yang sejenis, atau nilai perolehan baru, atau NJOP pengganti.

Dalam praktiknya, NJOP adalah dasar untuk mengenakan PBB sektor perkotaan dan perdesaan (PBB-P2), atau bahkan perhutanan, perkebunan, dan pertambangan (PBB-P3). Pada penerapannya, NJOP adalah nilai yang mengalami peningkatan jika sebuah kawasan kian berkembang. 

Fungsi NJOP

Mengetahui NJOP rumah cukup penting saat akan melakukan transaksi jual beli. Bila tidak mengetahui harga pasar yang berlaku di suatu wilayah, penetapan harga jual dan beli pun akan tidak jelas dan berpotensi mengganggu proses ekonomi yang berjalan.

Secara umum, fungsi NJOP adalah patokan penentu harga paling minimal. Jika harganya lebih tinggi dari NJOP, sang pemilik berarti menawarkannya terlampau mahal. Sebaliknya, kalau harganya lebih rendah dari NJOP, mungkin saja ada sesuatu yang tidak lazim, sehingga harga yang ditawarkan jadi murah.

Cara menghitung NJOP

Cara menghitung NJOP berdasar atas penilaian yang pendekatannya terkait dengan perbandingan harga pasar, dan perbandingannya hanya bisa terjadi pada objek tanah sejenis, letaknya berdekatan, serta harga pasar yang sebelumnya telah diketahui. Tiap tahun, pemerintah daerah menentukan NJOP tanah per meter persegi, dan dilangsungkan secara massal.

NJOP ditetapkan per meter persegi dan biasanya diasumsikan sebagai harga terendah sebuah properti. Umumnya, harga properti ditawarkan 1,5 hingga 2 kali lebih besar dari NJOP.

Cara mengetahui NJOP

Untuk mengetahui NJOP per meter atas sebidang tanah atau rumah, terdapat beberapa cara sebagai berikut.

  1. Datang langsung ke kantor kecamatan yang menjadi lokasi properti atau tanah berada.
  2. Cek langsung di NJOP Online.

Pada wilayah DKI Jakarta, pemerintah provinsi menetapkan NJOP tiap tahun lewat perilisan Peraturan Gubernur. Untuk itu, agar bisa menemukan datanya, Anda bisa merujuk ke situs web Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Jakarta. Setelah itu, klik download lalu cek kumpulan aturan PBB.

Related Articles