FINANCE

Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru untuk Dapat Komisi

Cara daftar TikTok Affiliate sebagai penghasilan tambahan.

Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru untuk Dapat Komisiilustrasi TikTok (unsplash.com/Hello I'm Nik)

by DesySurti

29 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara mendaftar TikTok Affiliate dan mendapat komisi menjadi kesempatan baru untuk menambah pundi penghasilan. Kini, popularitas TikTok tidak lagi terbatas sebagai platform Media Sosial, tapi perannya jadi makin luas. Sekarang pengguna TikTok sudah bisa menggunakan fitur belanja langsung tanpa pindah ke aplikasi toko online.

Peran TikTok yang berkembang untuk berbelanja online juga memungkinkan Anda untuk bergabung menjadi affiliate. Peran affiliate juga sudah makin populer dan dimanfaatkan banyak orang. Apa itu TikTok Affiliate dan bagaimana cara mendaftar untuk mendapat komisi? Berikut penjelasan yang dirangkum dari berbagai sumber.

Apa itu TikTok Affiliate?

TikTok Affiliate adalah program yang dibuat oleh TikTok sebagai strategi yang dapat menghubungkan kreator dan penjual (seller). Progam affiliate memungkinkan seseorang untuk memberikan sebuah link dari konten video di TikTok untuk membeli produk atau barang yang dijual oleh seller.

Sederhananya, orang yang bergabung menjadi TikTok Affiliate bisa mempromosikan produk yang dijual oleh para seller. Namun, hal ini tentunya tidak hanya menguntungkan bagi para seller. Sebagai kreator, Anda juga bisa mendapatkan komisi jika bergabung dalam program affiliate.

Jika seseorang mempromosikan sebuah produk, biasanya ada ikon keranjang kuning pada konten yang dibuatnya. Dengan cara ini, para kreator seolah menawarkan produk yang dipakai olehnya kepada para calon pembeli.

Syarat daftar TikTok Affiliate

Bagi para kreator yang sudah memiliki akun TikTok, Anda perlu memenuhi persyaratan tertentu untuk mengikuti program affiliate. Beberapa persyaratan ini dibutuhkan untuk verifikasi data para kreator agar bisa mendapatkan komisi.

1. Membuat akun TikTok Shop

Berbeda dengan akun toko online lain, Anda memerlukan satu langkah pendaftaran tambahan untuk menjadi TikTok Affiliate. Meskipun berada di satu aplikasi, akun kreator TikTok biasa belum bisa dipakai untuk menjadi affiliate jika belum terdaftar ke TikTok Shop.

Cara daftar TikTok Shop Affiliate sama seperti membuat akun berjualan. Namun, akun seller di TikTok tidak mengharuskan Anda untuk menjual atau memproduksi barang. Anda bisa membuat akun TikTok Shop untuk mendapatkan kesempatan bergabung sebagai affiliate saja.

2. Memiliki rekening bank yang valid

Komisi yang didapatkan oleh kreator yang mengikuti program affiliate marketing bisa dicairkan dengan mudah. Nah, pencairan komisi ini akan terhubung dengan nomor rekening yang sudah Anda daftarkan sebagai affiliate. Karena itulah, Anda perlu memiliki rekening bank untuk ikut program ini.

3. Aktif menggunakan akun

Pada beberapa kesempatan, Anda juga harus memiliki bukti bahwa akun yang dimiliki layak untuk mengikuti program affiliate. Meski tidak diwajibkan, hal ini bisa ditunjukkan melalui jumlah posting, jumlah pengikut, atau engagement dengan penonton atau pengikut konten Anda.