FINANCE

Cara Mengajukan KPR Subsidi via Tapera Mobile

Cari rumah subsidi via Tapera Mobile.

Cara Mengajukan KPR Subsidi via Tapera Mobileilustrasi aplikasi Tapera mobile
30 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara mengajukan KPR subsidi via Tapera Mobile menjadi perbincangan setelah pro kontra pemberlakuan program Tapera. Masyarakat bisa mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi melalui Tapera Mobile.

Aplikasi ini diperkenalkan oleh BP Tapera pada Agustus 2023, bertujuan memudahkan proses pengajuan KPR. BP Tapera berharap aplikasi ini dapat meningkatkan kemudahan akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mengakses layanan Tapera, khususnya pengajuan pembiayaan perumahan, dari mana saja dengan menggunakan smartphone.

"Kami mulai memperkenalkan aplikasi Tapera Mobile secara soft launching yang bertujuan untuk melihat bagaimana tanggapan, penilaian, hingga koreksi sebagai perbaikan sebelum kami benar-benar meluncurkan ke publik luas di masa yang akan datang," kata Komisioner BP Tapera, Adi Setianto, mengutip IDN Times pada Kamis  (30/5).

Lalu, bagaimana ara mengajukan KPR subsidi via Tapera Mobile? Simak langkah-langkah dana persyaratannya.

Cara registrasi Tapera Mobile

Masyarakat yang ingin mengakses Tapera Mobile tinggal mengikuti beberapa langkah singkat, yakni dengan mengunduh aplikasi 'Tapera Mobile' di Playstore, pilih install.

Setelah aplikasi terinstal, lakukan registrasi dengan membuka aplikasi Tapera Mobile, lalu tap 'Daftar'.

Apabila sebelumnya sudah memiliki akun SITARA atau SIKASEP, tinggal lakukan aktivasi dengan memasukkan NIK dan nomor ponsel yang sebelumnya sudah terdaftar di SITARA atau SIKASEP.

Setelah itu login dengan NIK dan password yang sudah didaftarkan atau yang sudah diaktivasi.

Fitur aplikasi Tapera Mobile

Melalui Tapera Mobile, peserta Tapera dapat memperbarui data pribadi untuk memastikan akurasi pencairan dana pensiun di masa depan. Selain itu, masyarakat bisa mencari rumah subsidi dengan aplikasi ini, yang dilengkapi dengan fitur filter pencarian rumah berdasarkan lokasi terdekat atau area yang diinginkan.

Mereka dapat memilih rumah yang terhubung ke database perumahan. Ada setidaknya 48 mitra perbankan nasional yang terhubung dengan Tapera. Masyarakat juga bisa memonitor progres status pengajuan KPR yang terhubung dengan bank.

Dengan demikian, mereka bisa melakukan pemeriksaan subsidi, mendapatkan konfirmasi dari bank penyalur, verifikasi data oleh bank, proses pengajuan dana FLPP oleh bank, dan realisasi KPR FLPP. Adi menjelaskan bahwa proses bisnis aplikasi ini mempertemukan masyarakat dengan pengembang dan perbankan yang telah bermitra dengan BP Tapera.

"Melalui aplikasi ini nantinya masyarakat cukup mengakses satu aplikasi untuk mendapat produk dan layanan kami," tuturnya.

Related Topics