FINANCE

5 Cara Menyusun Resolusi Keuangan Dalam Menyambut 2023

Dibutuhkan untuk mempercepat raihan kebebasan finansial.

5 Cara Menyusun Resolusi Keuangan Dalam Menyambut 2023ilustrasi manajemen keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)
27 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Orang biasanya membuat resolusi keuangan untuk menyambut tahun yang baru. Berbagai resolusi keuangan dibutuhkan demi mempercepat pencapaian menuju kebebasan finansial.

Untuk turut meraih kebebasan finansial tahun depan, catat beberapa tip membuat resolusi keuangan yang bisa dilakukan pada tahun yang baru.

Beberapa resolusi keuangan ini sangat mudah dibuat dan bisa membantu Anda dalam merealisasikan impian. Selain itu, resolusi keuangan ini juga dapat menuntun kita untuk mengatur keuangan dengan lebih baik.

Hanya saja, mungkin Anda belum mengetahui cara jitu untuk menyusunnya, terutama resolusi dalam hal mengatur keuangan pribadi. Dalam artikel ini, Anda bisa membaca berbagai inspirasi untuk mengatur resolusi finansial tahun depan. Berikut caranya.

1. Tentukan tujuan finansial Anda pada tahun yang baru

Semua orang pasti ingin mencapai impian tertentu pada tahun yang baru. Segera tulis segala keinginan Anda tahun depan, mulai dari hal remeh-temeh hingga yang membutuhkan sokongan dana besar, setelah mengetahui nilai kekayaan bersih Anda.

Menulis daftar keinginan bisa membantu menentukan kebiasaan finansial Anda sepanjang tahun depan. Misalnya, Anda jadi memahami jumlah uang yang perlu ditabung tiap bulan atau memilih jenis investasi yang cocok demi menggapai impian tersebut.

2. Menghemat pengeluaran dan membayar utang

Resolusi keuangan yang kedua adalah menghemat pengeluaran dan membayar utang. Salah satu cara menghemat adalah dengan mulai menyisihkan sebagian gaji setiap bulan untuk tiap pos keuangan. Akan lebih baik bila gaji disisihkan setelah uang diterima.

Penghematan pengeluaran dapat dilakukan dengan cara mengurangi kegiatan nongkrong, membawa bekal dari rumah, memanfaatkan promo, hingga menggunakan aplikasi khusus agar transfer uang antarbank tetap gratis.

Bagi milenial berusia 30 tahunan yang mempunyai utang besar, menghemat dapat membantu, selain membuat perencanaan untuk mengurangi utang. Membayar utang adalah prioritas. Bila perlu, dapat mengorbankan pengeluaran lain agar dapat mengurangi tagihan.

Related Topics