FINANCE

6 Jenis Modal Berdasarkan Sumber yang Dapat Digunakan untuk Berbisnis

Penting dalam menggerakkan bisnis perusahaan.

6 Jenis Modal Berdasarkan Sumber yang Dapat Digunakan untuk Berbisnisilustrasi keuntungan bisnis di media sosial (pexels.com/Karolina Grabowska)
11 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Modal dalam konteks bisnis adalah sumber daya finansial yang diperlukan untuk memulai, mengembangkan, dan menjalankan suatu usaha.

Modal ini berperan penting dalam menggerakkan operasional perusahaan, dan sebagian besar bisnis memerlukan modal untuk membiayai pembelian inventaris, pemilihan tenaga kerja, pengembangan produk atau layanan, serta pengelolaan operasional sehari-hari.

Pemilihan jenis modal yang tepat sangat penting karena berdampak signifikan pada struktur kepemilikan dan keuangan perusahaan.

Sebuah bisnis yang berhasil harus memiliki manajemen yang bijak dalam mengelola modalnya, merencanakan dengan cermat bagaimana modal akan digunakan, dan mengukur pengembalian investasi secara berkelanjutan.

Modal yang digunakan dengan efisien dan bijak dapat membantu bisnis tumbuh dan berkembang, sementara pengelolaan yang buruk dapat menyebabkan masalah keuangan yang serius. Pemahaman yang baik tentang modal dan kemampuan dalam mengelolanya adalah aspek kunci dalam kesuksesan bisnis.

Mari simak jenis-jenis modal berdasarkan sumbernya yang dapat digunakan untuk bisnis.

1. Modal Internal

Modal internal adalah dana yang diperoleh dari sumber-sumber di dalam perusahaan, termasuk modal yang ditanamkan oleh pemilik atau pendiri bisnis. Modal internal juga dapat berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan dan disimpan sebagai cadangan atau digunakan untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut.

2. Modal Eksternal

Modal eksternal diperoleh dari sumber-sumber di luar perusahaan. Jenis modal eksternal meliputi sebagai berikut:

  • Pinjaman Bank

Modal jenis ini didapatkan dari meminjam dana dari bank dengan membayar bunga tertentu. Ini sering digunakan untuk modal kerja atau investasi dalam aset.

  • Modal Ventura

Pemodal ventura (venture capitalists) menyediakan modal dalam bentuk ekuitas dalam pertukaran bagi kepemilikan saham dalam perusahaan. Mereka biasanya mengambil risiko tinggi dalam harapan mendapatkan keuntungan besar.

  • Investor Swasta

Investor individu atau kelompok dapat menyuntikkan modal dalam bisnis sebagai bentuk ekuitas atau pinjaman.

  • Modal Pemerintah

Beberapa pemerintah menyediakan insentif atau hibah untuk membantu perusahaan baru atau berkembang. Dapat berupa dana tunai atau dukungan pajak.

Related Topics