Comscore Tracker
FINANCE

Merah Putih Fund akan Fokus Danai Perusahaan Rintisan Soonicorn

25 unikorn masih berpotensi untuk diwujudkan.

Merah Putih Fund akan Fokus Danai Perusahaan Rintisan SoonicornErick Thohir pada peluncuran "Gerakan Akselerasi Generasi Digital" / FOTO Istimewa

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Merah Putih Fund nantinya akan memfokuskan pendanaan pada perusahaan rintisan soonicorn dengan valuasi di bawah US$200 juta atau masa sebelum menjadi unikorn.
 
"Saya melihat apa kekuatan kita di BUMN yakni kembali di korporasi, makanya kita fokus di pendanaan. Untuk pendanaannya pun kita juga berfokus kepada soonicorn,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat konferensi pers virtual Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Rabu (15/12).

Menurut Erick Thohir, soonicorn banyak memiliki potensi, namun startup akan sulit untuk berkembang kalau pendanaannya tidak dibantu. Hingga saat ini, jumlah perusahaan rintisan dengan valuasi unikorn belum maksimal. “Padahal startup soonicorn ini merupakan tahap awal menuju unikorn. Masih banyak yang memiliki potensi. Kalau prediksi dari kita 25 unikorn masih berpotensi untuk diwujudkan," ujarnya.

Perseroan BUMN, kata Erick, hendaknya dapat lebih berfokus dalam menyiapkan pendanaan bagi perusahaan rintisan. “Kita juga harus berkolaborasi dengan banyak pihak, seperti Kemendikbud, Kemenkominfo, dan para pengusaha swasta nasional,” ujarnya.

Alasan pembuatan Merah Putih Fund

Erick menginginkan potensi talenta dan startup lokal beroleh perhatian. Dalam hematnya, tantangan pendanaan biasanya menimpa banyak startup lokal kecil yang sedang menuju menengah. Hal ini acap kali dimanfaatkan negara atau perusahaan asing untuk memberikan pendanaan. 

“Oleh karena itu, jangan marah kalau startup besar kita, unikorn besar kita dikuasai asing karena kita sendiri tidak pernah punya komitmen sama generasi muda Indonesia. Nah, di situlah kenapa kita sekarang menggalang kekuatan, tidak hanya BUMN, tapi juga swasta dan pengusaha nasional, dengan Merah Putih Fund kita punya komitmen ekosistem Indonesia,” katanya.

Syarat mendapatkan pendanaan Merah Putih Fund

Dalam implementasinya, Erick menegaskan ada tiga syarat yang harus dipenuhi dalam mendapatkan bantuan pendanaan. Pertama, pendanaan ini akan diberikan kepada startup yang didirikan orang Indonesia. Kemudian memiliki kantor di Indonesia, dan berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Sejak awal saya dalam posisi yang keras, jangan sampai kita yang bangun tapi orang lain yang isi, sama saja bohong. Kita harus proaktif. Ayo, mana superhero Indonesia,” kata Erick.

Erick optimistis Merah Putih Fund akan menjadi ekosistem dalam mendukung akselerasi digital Indonesia. "Saya sangat optimistis apalagi mendapat dukungan presiden. Bahkan presiden punya visi yang lebih beser lagi ketika kita bicara korporasi, beliau sudah bicara e-government," ujarnya.

Related Articles