Comscore Tracker
FINANCE

Apa Itu Devisa dalam Ekonomi: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Devisa merupakan alat pembayaran luar negeri.

Apa Itu Devisa dalam Ekonomi: Pengertian, Jenis, dan Fungsiilustrasi hubungan internasional (unsplash.com/Kyle Glenn)

by Luky Maulana Firmansyah

10 October 2022

Jakarta, FORTUNE – Devisa merupakan salah satu istilah yang banyak dibicarakan dalam dunia ekonomi internasional. Lantas, apa itu devisa? Serta mengapa devisa penting bagi perekonomian suatu negara?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan devisa sebagai alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri.

Sementara, berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 1999 tentang Lalu Lintas Devisa dan Sistem Nulai tukar, devisa adalah salah satu alat dan sumber pembiayaan bagi negara.

Otoritas Jasa Keuangan menyebut devisa negara sebagai kumpulan dana yang dihimpun pemerintah atau bank sentral lewat upaya jual beli mata uang tertentu guna mempengaruhi kurs valuta.

Jadi, devisa secara sederhana adalah pelbagai barang yang dapat digunakan sebagai alat transaksi pembayaran antar negara, serta diakui oleh dunia internasional, demikian Kompas Money. Dengan kata lain, devisa adalah alat pembayaran antarnegara yang dapat diterima dalam ranah ekonomi internasional.

Sejumlah ahli berpendapat devisa dapat  dianggap sebagai bentuk kekayaan yang dimiliki oleh negara dalam bentuk mata uang asing atapun barang. Tentunya, kedua bentuk devisa itu dapat digunakan untuk keperluan transaksi dagang di ranah internasional.

Manfaat Devisa

PEB adalah salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum kegiatan ekspor barangilustrasi ekspor barang (pexels.com/Khunkorn Laowisit)

Devisa memiliki fungsi utama sebagai alat pembayaran perdagangan internasional. Namun, devisa juga menjadi tolok ukur kekuatan ekonomi suatu negara. Melansir laman akseleran, berikut sejumlah manfaat devisa.

  1. Alat pembayaran perdagangan internasional yang sah
  2. Alat pendanaan hubungan internasional
  3. Alat pembayaran atas utang luar negeri
  4. Sumber pendapatan negara

Jenis dan bentuk devisa

PEB adalah kepanjangan dari pajak ekspor barangilustrasi pajak ekspor barang (pexels.com/Chanaka)