Comscore Tracker
LUXURY

Sambut Natal, Jordan Brand Siapkan 2 Sneaker Spesial

Air Jordan 1 Mid dan Air Jordan 1 Low edisi spesial.

Sambut Natal, Jordan Brand Siapkan 2 Sneaker SpesialAir Jordan 1 Mid "Black/Fire Red-White-Malachite"/Dok. NIKE

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Meskipun liburan akhir tahun dan Natal masih tiga bulan lagi, Jordan Brand telah menyiapkan koleksi baru untuk menyambut momen spesial tersebut. Melansir Hypebeast pada Kamis (22/9), dua koleksi diluncurkan, yakni Air Jordan 1 Mid dan Air Jordan 1 Low, masing-masing siluet berpotongan sedang dan rendah.

Menilik sedikit ke belakang, Air Jordan menjadi sebuah sneakers yang tak lekang oleh waktu. Sneakers yang pada awalnya dibuat untuk pebasket Michael Jordan ini sudah bertahun-tahun lamanya dirilis, tapi masih menjadi perhatian para sneakerhead hingga saat ini.

Nike pertama kali membuatkan sneakers untuk Michael Jordan pada tahun 1984 yang kini kita kenal dengan Air Jordan I. Meski sudah dipakai oleh Jordan di tahun tersebut, nyatanya produk Air Jordan I baru dirilis ke pasaran pada tahun 1985. Menariknya hingga saat ini Air Jordan I masih menjadi incaran para pencinta sneakers basket sebagai salah satu sneakers basket yang sangat ikonik dari Air Jordan.

Jika pada awalnya Air Jordan merupakan seri keluaran dari Nike, kini Air Jordan sudah menjadi brand sendiri. Hal ini terjadi setelah 13 tahun perilisan Air Jordan pertama, tepatnya sesaat setelah Air Jordan XIII dirilis. Sejak saat itu Air Jordan menjadi brand yang berdiri mandiri dengan sebutan Jordan brand.

Air Jordan 1 Mid "Black/Fire Red-White-Malachite"

Koleksi pertama,  Air Jordan 1 Mid "Black/Fire Red-White-Malachite" diberi lapisan dasar (underlay) hitam serta pola geometris yang serasi. Jordan menuangkan warna merah pada lapisan atas (overlay), dari bagian toe cap hingga tumit. Tek ketinggalan, logo signature Nike di panel samping hadir dalam warna putih disertai lis hitam.

Kerah pada sisi lateral atau di sisi luar sepatu menampilkan logo sayap dan bola Air Jordan bernuansa hitam. Sepatu ini dilengkapi tali hijau, midsole putih bersih, dan outsole karet yang senada dengan teks "Air" yang terdapat di lidah. Teks tersebut diletakkan tepat di bawah logo Jumpman merah. 

AJ 1 edisi Natal berpotongan sedang ini tersedia dalam beberapa ukuran. Sepatu ukuran dewasa dibanderol seharga US$135 atau kisaran Rp2 juta. Sepatu untuk anak sekolah dasar dibanderol US$120 atau setara Rp1,8 juta. Ukuran pra-sekolah dan balita masing-masing dijual seharga US$80 dan US$65 atau lebih kurang kisaran Rp1,2 juta dan Rp975 ribu.

Air Jordan 1 Low "Malachite/Fire Red-Black-Taxi-White"

Siluet berikutnya dalam koleksi Natal,  yaitu Air Jordan 1 Low yang memiliki corak warna "Malachite/Fire Red-Black-Taxi-White". Material kulit nubuck hitam yang terlihat pada bagian depan sepatu dan panel samping tampak kontras dengan mudguard, lubang tali, kerah, dan penyangga tumit berwarna hijau.

Warna pada logo swoosh Nike di panel samping serta tali sepatu pun dibuat sama, putih dan kuning. Perbedaan terletak pada tulisan "Air" di bawah logo Jumpman merah di lidah diwarnai hijau, bukan kuning. 

Perbedaan lainnya, yakni penempatan logo bola dan sayap Jordan. Untuk sepatu ini, logo tersebut dijahit di bagian tumit, dan dibubuhkan warna kuning keemasan. Selain itu, paduan midsole putih dan outsole karet menambah sisi menarik desain sepatu ini.

Air Jordan 1 Low Malachite/Fire Red-Black-Taxi-White akan tersedia dalam dua ukuran, yakni ukuran pria dan sekolah dasar. Masing-masing ukuran dijual seharga US$120 dan US$95 atau kisaran Rp1,8 juta dan Rp1,4 juta.

Related Topics

Related Articles