Comscore Tracker
LUXURY

‘Speaker Bag’ Nyentrik Kolaborasi Balenciaga dan Bang & Olufsen

Desain unik menggabungkan gaya dan musik.

‘Speaker Bag’ Nyentrik Kolaborasi Balenciaga dan Bang & OlufsenSpeaker Bag Kolaborasi Balenciaga dan Bang & Olufsen/Dok. Balenciaga

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Selama pertunjukan haute couture Musim Gugur-Musim Dingin 2022-2023, Balenciaga  menjadi pembicaraan publik. Musik di fashion show ini diputar dengan pengeras suara yang ditenteng oleh model di runway. Speaker berbentuk tas tersebut merupakan buah kolaborasi Balenciaga dengan Bang & Olufsen.

Di luar tampilannya sebagai sound-system yang artistik, speaker ini nyatanya tetap berfungsi sebagai tas. Bukan rahasia lagi kalau sang desainer, Georgia Demna Gvasalia, gemar ‘menyulap’ benda sehari-hari dan mengubahnya menjadi kreasi couture. Dan sekali lagi dia mendorong batas kreativitas dengan menggabungkan gaya dan musik.

Kolaborasi dengan Bang & Olufsen

Tas inovatif ini pertama kalinya ditampilkan dalam versi couture dan kemungkinan akan tampil kembali di red carpet paling bergengsi. Speaker bag ini terbuat dari aluminium yang telah melalui pemrosesan, dipoles mutiara, dianodisasi, dan dipoles dengan tangan di Pabrik 5 Bang & Olufsen di Struer, Denmark. Proses tersebut dilakukan selama beberapa hari untuk menciptakan hasil akhir satin yang sempurna. 

Bagian belakang speaker menjadi kompartemen penyimpanan yang dibungkus dengan kulit domba Italia Balenciaga. Dengan semua fitur yang diperlukan untuk mendengarkan musik, termasuk teknologi Bluetooth, tentunya cukup untuk membuat pesta Anda menjadi hidup.

“Tas ini adalah bukti apa yang terjadi ketika dua perusahaan yang sangat istimewa dengan warisan keahlian yang tak tertandingi bergabung. Kedua tim desain berdedikasi untuk keunggulan, dan saya pikir kami bersama-sama menciptakan sesuatu yang unik,” kata Miklu Silvanto, Chief Design Officer Bang & Olufsen, dalam laman resmi, dikutip Selasa (19/7).

Baginya istilah Haute Couture berarti 'adat, eksklusif, penciptaan budaya, dan the art of making oleh pengrajin yang sangat terampil. Ini adalah kolaborasi sejati–seperti yang dijelaskan Silvanto, “Dari pabrik aluminium kami hingga studio Balenciaga hingga produk yang sepenuhnya luar biasa. Anda harus melihat, mendengar, dan merasakannya.”

Speaker bag ini dibuat dalam edisi terbatas dan hanya akan tersedia di butik Balenciaga tertentu dan di pameran Couture mereka di Paris. Namun, harganya masih menjadi misteri.

Related Articles