Comscore Tracker
LUXURY

13 Kucing Termahal di Dunia Hingga Miliaran Rupiah

Tertarik untuk memeliharanya?

13 Kucing Termahal di Dunia Hingga Miliaran Rupiahilustrasi kucing termahal di dunia (unsplash.com/Kari Shea)

by Nadia Agatha Pramesthi

Penggemar kucing apakah mengetahui informasi kucing termahal di dunia? Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui apa saja kucing-kucing ini.

Namun, sebelum membahasnya, ketahui terlebih dahulu mengapa banyak orang yang memilih kucing sebagai hewan peliharaan.

Kucing menjadi salah satu binatang yang banyak dipelihara karena menggemaskan dan bisa dijadikan layaknya teman. Ada banyak jenis kucing peliharaan di dunia yang lucu dan dibanderol harga mahal hingga miliaran rupiah.

Mahalnya harga seekor kucing bisa disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari ras atau keturunan, warna bulu, kelangkaan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa daftar kucing termahal di dunia yang perlu Anda ketahui.

1. Norwegian Forest Cat

kucing termahal di dunia, norwegian forest cat

Kucing yang sangat menggemaskan ini berasal dari Norwegia, Eropa Utara.

Ciri khasnya adalah bulu tebal, berkilau, panjang dan bagian bawahnya sangat halus. Hal ini dikarenakan kucing Norwegian Forest Cat terbiasa dengan iklim yang sangat dingin di negara asalnya. 

Kucing jenis ini memang relatif langka sehingga wajar jika harganya cukup mahal. Apalagi pembeli harus menempuh perjalanan cukup jauh demi bisa mendapatkannya.

Harga kucing ini berkisar antara Rp7 juta hingga Rp11,3 juta.

2. Egyptian Mau

kucing termahal di dunia, Egyptian Mau

Kucing ini sekilas jika dilihat dari motifnya memang terlihat berbeda. Egyptian Mau termasuk ras kucing yang berbulu pendek dengan ukuran kecil.

Warna kucing jenis ini juga tidak variatif dan tidak banyak dijumpai sehingga harganya cukup mahal. Untuk satu ekornya dijual dengan harga Rp7 juta hingga Rp11,3 juta.

3. Korat

kucing Korat

Kucing unik dan langka ini sekilas memang terlihat agak menyeramkan dengan bola mata berwarna kuning dan tatapannya yang tajam.

Ras kucing ini memiliki bulu pendek dengan warna biru keabu-abuan yang berujung perak. Korat berasal dari Thailand dan dijadikan simbol kemakmuran.

Tubuh kucing Korat rata-rata lebih kecil dibandingkan kucing pada umumnya. Harganya berkisar Rp7 juta hingga Rp11,3 juta.

4. Selkirk Rex

Kucing termahal di dunia, Selkirk Rex

Kucing berikutnya yang cukup menarik dan unik adalah Selkirk Rex. Ciri khas utamanya terdapat pada bulunya yang keriting sehingga sering dijuluki "kucing berbulu domba".

Selkirk Rex cukup ramah dengan anak-anak sehingga bisa menjadi pilihan untuk dipelihara. Jenisnya relatif baru sehingga harganya cukup mahal berkisar Rp7 juta hingga Rp11,3 juta.

5. Siberia

sung siberia adalah kucing termahal di dunia

Ras kucing jenis ini berasal dari wilayah Rusia yang dikenal memiliki musim dingin panjang dan ekstrim.

Bulu kucing Siberia termasuk sangat tebal. Ketebalan bulu tersebut mencapai tiga lapis dan juga panjang. Harganya pun relatif mahal dengan kisaran Rp14,16 juta hingga Rp28,32 juta.

6. American Shorthair

kucing American Shorthair

Kucing ini cukup menggemaskan dengan ciri khas bulunya yang besar dan tebal. Sesuai namanya, bulu kucing ini juga lebih pendek dibandingkan kucing pada umumnya.

Saat musim dingin tiba, bulunya akan menjadi lebih lebat. 

Hal yang menyebabkan kucing ini mahal adalah karena faktor garis keturunan. Harganya berkisar antara Rp8,5 juta hingga Rp17 juta.

7. Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing imut dan lucu ini dijual dengan harga Rp5,6 juta hingga Rp49,5 juta. Daya tarik utamanya terletak pada bulu kaki dan leher yang memiliki ciri khas tersendiri.

Kucing ini banyak dijumpai di Amerika Serikat dan dijual dengan harga hampir 50 juta rupiah untuk varian paling mahalnya.

8. Ragdoll

kucing termahal di dunia, ragdoll

Kucing jenis ini memiliki ukuran yang besar dibandingkan ukuran kucing pada umumnya. Bulunya memiliki pola runcing dan setengah panjang.

Matanya tampak begitu jernih dan berkilau dengan warna yang unik. Ragdoll sering dijuluki sebagai "kucing pangkuan" karena mudah patuh. 

Tak heran jika kucing yang garis keturunannya berasal dari California dan sudah ada sejak tahun 1960-an ini memiliki harga yang mahal. Satu ekornya bisa dijual dengan harga Rp14,15 juta hingga Rp18,4 juta.

9. Scottish Fold

Scottish Fold

Jenis kucing satu ini juga termasuk yang banyak digemari. Ciri khasnya terdapat pada bagian telinga yang terlipat sehingga jika dilihat sekilas tampak seperti tidak memiliki kuping.

Selain itu, mata, wajah, dan tubuhnya begitu bulat menggemaskan. 

Harganya di pasaran berkisar Rp11,32 juta hingga Rp21,23 juta. Kucing Scottish Fold ini juga menjadi salah satu favorit artis ternama seperti Taylor Swift dan Ed Sheeran.

10. Sphynx

Sphynx

Kucing ini memang terlihat sangat unik dan langka karena hampir terlihat seperti tidak memiliki bulu. Meskipun memiliki bulu, tetapi ketebalannya sangat minim dan pendek.

Sphynx dikenal sebagai salah satu jenis kucing yang sangat dekat dengan pemiliknya. 

Karena merupakan ras murni, kucing Sphynx tidak mudah dijumpai di pasaran. Harganya pun cukup mahal berkisar 12,74 juta hingga 28,31 juta rupiah.

11. British Shorthair

British Shorthair

Kucing dengan muka berbentuk bulat penuh ini memang terlihat sangat menggemaskan sehingga tak heran jika banyak orang yang ingin memeliharanya.

Selain bagian kepalanya yang bulat, salah satu ras kucing tertua ini juga memiliki mata dan telapak kaki yang bulat. 

Harga kucing ini termasuk mahal karena langka dan dijual dengan kisaran harga Rp21,23 juta hingga Rp28,3 juta.

12. Toyger

kucing toyger

Meskipun bentuknya mirip seperti harimau, tetapi tak perlu khawatir memelihara Toyger karena tetap jinak seperti halnya kucing peliharaan lainnya.

Harganya berada di angka 70,73 juta rupiah dan sebagian hasil penjualan kucing ini banyak disumbangkan untuk konservasi harimau.

13. Ashera

kucing termahal di dunia, Ashera

Bagi yang penasaran dengan kucing yang dihargai hingga miliaran rupiah, maka Ashera adalah salah satunya.

Jenis kucing ini termasuk langka dan hanya dijual 100 ekor per tahunnya sejak 2006. Kucing ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Lifestyle Pets dan dihargai senilai 311 juta hingga 1,76 miliar rupiah. 

Kucing termahal di dunia tersebut bisa menjadi opsi bagi Anda yang ingin memelihara kucing lucu, menggemaskan, dan langka. Namun, tentu saja harus merogoh kocek lebih mahal agar bisa mendapatkannya.

Related Articles