Comscore Tracker
MARKET

Emtek Group Suntik Grab Indonesia Rp5,4 Triliun

Emtek dan Grab jajaki peluang kolaborasi di e-commerce.

Emtek Group Suntik Grab Indonesia Rp5,4 TriliunShutterStock/AndriiYalanskyi

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) alias Emtek Group menanamkan modal US$375 juta atau sekitar Rp5,4 triliun (kurs Rp14.529/US$) kepada PT Grab Teknologi Indonesia. Managing Director Emtek, Sutanto Hartono, mengatakan suntikan modal tersebut menandai dimulainya kemitraan strategis kedua perusahaan. 

Ke depan, Emtek dan Grab akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce. Mereka juga akan merambah layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional.

"Kami senang dapat bekerja sama dengan Grab untuk memperkuat infrastruktur digital dan membangun ekonomi digital Indonesia yang menjangkau semua," ujar Sutanto dalam keterangan resminya, Senin (26/7).

Menurutnya, ada dua tujuan utama yang bisa diraih dari luasnya jangkauan dan kekuatan unik dari masing-masing ekosistem yang dimiliki Grab dan Emtek. 

Pertama, meningkatkan akselerasi digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia. Kedua, menghadirkan layanan digital yang lebih terjangkau dan nyaman, bahkan di wilayah dengan tingkat digitalisasi yang masih rendah.

"Grab memiliki keahlian teknologi yang mumpuni, komitmen untuk berinovasi, dan kepemimpinan yang terbukti sukses hingga level operasional dimana keunggulan-keunggulan ini menjadikan mereka sebagai mitra yang tepat," lanjutnya.

Sementara itu, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan dukungan pendanaan menunjukkan kepercayaan Emtek terhadap strategi dan roadmap Grab Indonesia dalam pengembangan ekosistem ekonomi digital di tanah air.

Pendanaan tersebut juga membuka peluang perluasan kerja sama antara Grab dengan PT Bukalapak Tbk yang mayoritas sahamnya dimiliki Emtek. "Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Emtek Group dan memanfaatkan luasnya jangkauan jaringan media Emtek group dan keunikan all-commerce Bukalapak," ujar Neneng.

Dalam kesempatan sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, berharap kolaborasi Grab dan Emtek Group dapat memberikan dampak bagi pemulihan ekonomi nasional dan mendorong pemerataan ekonomi digital di tanah air.

Dia juga berharap Emtek dan Grab dapat merangkul UMKM secara inklusif dengan menyediakan teknologi yang ramah terhadap setiap kalangan termasuk penyandang disabilitas, perempuan, hingga UMKM di daerah-daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal.

"Semoga sinergi Grab dan Emtek Group dapat menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital minimal 5 besar dunia," ujarnya.

Related Articles