Comscore Tracker
MARKET

Emtek akan Beli 17% Saham RANS Entertainmen, Berapa Total Nilainya?

Investasi dilakukan lewat PT Surya Citra Media Tbk (SCM).

Emtek akan Beli 17% Saham RANS Entertainmen, Berapa Total Nilainya?Web RANS Entertainment. (FORTUNE Indonesia/Tanayastri Dini)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) membeberkan nilai investasi yang akan dikucurkan ke PT RANS Entertainment Indonesia (RANS Entertainment). Langkah itu diambil setelah kabar kerja sama kedua pihak beredar dua pekan lalu.

Sebelumnya, RANS Entertainment dan PT Surya Citra Media Tbk—anak perusahaan Emtek—mengumumkan kemitraan strategis pada Jumat (29/10). Melalui kolaborasi tersebut, keduanya akan bersinergi sehingga dapat melahirkan kreasi konten dan mendistribusikannya ke semua platform dalam ekosistemnya.

Namun, saat itu belum diungkapkan jumlah modal yang disuntikkan Emtek kepada perusahaan hiburan milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tersebut. Sebab, proses diskusi mengenai nilainya belum rampung.

Sepekan setelahnya (6/11), dalam video di saluran Youtube Helmy Yahya, Raffi melontarkan lelucon yang mengindikasikan nilai transaksinya melampaui Rp2 triliun. Benarkah kabar itu?

Nilai Investasi Emtek ke RANS Entertainment

Mengutip keterbukaan informasi Emtek kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (12/11), Emtek akan membeli 17 persen saham RANS Entertainment. Itu setara dengan Rp248 miliar.

Proses pengambilalihan saham itu akan dilakukan oleh PT Indonesia Entertainmen Grup, anak perusahaan PT Surya Citra Media Tbk (SCM). Pembelian saham pun akan dilakukan secara bertahap.

“Perseroan selalu terbuka untuk melakukan penjajakan potensi kerja sama dengan partner atau mitra strategis termasuk RANS Entertainment yang dapat mendukung pengembangan usaha di bidang media, teknologi, digital,” tulis Corporate Secretary Emtek, Titi Maria Rusli, dalam suratnya ke BEI.

Dampak Suntikan Modal Emtek ke RANS

Selain adanya sinergi konten hingga acara hiburan, investasi itu juga memungkinkan klien atau pengiklan grup Emtek memperoleh layanan satu atap ekosistemnya. Lebih lanjut, Emtek mengharapkan pertumbuhan pangsa pasar, “yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan profitabilitas perseroan secara konsolidasi,” ujarnya.

Bukan Hanya Emtek

Selain SCM, ada pula sejumlah investor perorangan yang telah bergabung sebagai pemodal RANS Entertainment, menurut Raffi dalam video di Youtube Helmy Yahya. Contohnya, Kaesang Pangarep yang bergabung sebagai Komisaris.

Dia mengatakan, “kita kan cita-citanya memang ingin IPO. Tapi kan karena sekarang lagi menguatkan fundamentalnya dulu, fokus dulu. Sekarang SCM yang gabung, beberapa senior-senior, tokoh-tokoh perorangan juga masuk. Jadi ceritanya ini pra-IPO-nya dulu.”

Related Articles