MARKET

Menakar Potensi Sektor Indeks Saham dengan Feng Shui

CLSA asal Hong Kong merilis Feng Shui Index 2024.

Menakar Potensi Sektor Indeks Saham dengan Feng ShuiNaga kayu. (Pixabay/豪强 谢)

by Tanayastri Dini Isna KH

02 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bagi sebagian orang, Feng Shui menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum mengambil keputusan. Tak terkecuali, ketika ingin berInvestasi.

Broker dan investment group asal Hong Kong, CLSA, merilis laporan Feng Shui Index 2024. CLSA menganalisis berdasarkan teori lima elemen dalam Feng Shui dan ilmu metafisika Cina (bazi) untuk memprediksi pergerakan Indeks Hang Seng dan kinerja industri secara umum.

"Menurut Feng Shui, pasar Hong Kong akan memulai dengan lambat, turun signifikan sebelum berbalik (rebound), mencapai titik impas pada Juli/Agustus, kemudian naik dan mencapai level ketinggian baru," jelas tim CLSA dalam kata pengantar Feng Shui Index 2024, dikutip Jumat (2/2).

Di tahun naga kayu ini, sebagian besar zodiak juga diprediksi menikmati tahun yang netral hingga sangat baik. Selain shio ayam jantan yang diramalkan akan beruntung, ular pun mulai merayap ke atas, diikuti oleh babi.

Di sisi lain, ramalan untuk Anda yang ber-shio kelinci mungkin tak terlalu bagus. Begitu juga dengan anjing. Sementara itu, ada tujuh shio lainnya berpeluang besar mengalami kondisi fluktuatif, mirip dengan naga yang naik dan turun.

Analisis elemen terhadap sektor bisnis

Lebih lanjut, dalam Feng Shui terdapat lima elemen yang memberikan gambaran untuk menjelaskan siklus kebangkitan dan penanggulangan di alam.

Pada 2024 ini, bintang-bintang akan bertransisi ke periode 20 tahunan yang kesembilan kali (2024-43) dan elemen dasar akan berganti dari bumi menjadi api. Itu akan mendukung terobosan di bidang yang panas.

Sementara itu, industri yang berkaitan dengan kebumian diprediksi akan terus mencetak performa baik, karena api menghasilkan bumi. Di sisi lain, sektor logam kemungkinan akan mengalami kesulitan karena api bisa melelehkannya, demikian menurut CLSA.

Lebih lanjut, CLSA menjelaskan, industri yang berhubungan dengan air bakal menghadapi kesulitan karena air bisa memadamkan api. "Dan bisnis yang berhubungan dengan kayu seharusnya tetap stabil atau bahkan mengalami pertumbuhan karena kayu bisa membuat api lebih besar," lanjut tim CLSA dalam laporannya.

Secara lebih mendetail, berikut ini hasil analisis lima elemen dalam Feng Shui Indeks 2024 milik CLSA: 

  • Sektor yang berkaitan dengan kayu

Industri yang berkaitan dengan kayu diprediksi akan aktif tahun ini. Kendati demikian, berdasarkan analisis bazi, sektor ini kekurangan dukungan air. Kendati demikian, banjir di akhir musim panas kemungkinan bisa mendongkrak pertumbuhan sektor yang berkaitan dengan elemen kayu pada akhir tahun.

Adapun, sektor-sektor yang dimaksud adalah consumer dan kesehatan. Proyeksi pertumbuhan tertinggi akan terjadi di bulan November, lalu diikuti Maret dan Oktober.

  • Sektor yang berkaitan dengan api

Dalam analisis bazi, api berada di posisi menguntungkan. Kekuatannya terang-benderang selama musim panas dan musim dingin. Ini mungkin terjadi karena kurangnya elemen air dalam bazi.

"Kami mengharapkan pertumbuhan lebih lanjut di bidang yang terkait dengan api, yakni teknologi, kedokteran, kimia, bahkan agama," tulis tim riset CLSA Feng Shui Index 2024.

  • Sektor yang berkaitan dengan bumi

Elemen bumi diperkirakan masih akan tumbuh subur secara konsisten pada 2024. Sektor-sektor yang berhubungan dengan elemen ini, yakni: properti, peternakan, dan corporate governance. 

  • Sektor yang berkaitan dengan logam

Bank, otomotif, dan alat berat berkaitan dengan elemen ini. Jalan sektor ini untuk bertumbuh diprediksi tidak lurus pada tahun ini.

  • Sektor yang berkaitan dengan air

Terakhir, bisnis yang berhubungan dengan elemen air diramalkan tetap ramai dan sibuk. Namun, marginnya berpotensi menyusut.

Industri yang terkait dengan elemen ini, antara lain: makanan beku dan jurnalisme investigatif kemungkinan akan berkaitan erat dengan upaya-upaya bantuan bencana. Di akhir musim panas dan musim gugur tahun ini, sektor perjalanan dan transportasi diproyeksi mendapatkan titik terangnya.

Related Topics