10 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya, Wajib Tahu!

Negara mana saja?

10 Negara yang Pernah Memindahkan Ibu Kotanya, Wajib Tahu!
ilustrasi ibu kota jakarta (unsplash.com/Eko Herwantoro)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat beberapa negara yang pernah memindahkan ibu kotanya. Bahkan, kejadian ini telah terjadi puluhan hingga ratusan tahun silam.

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur tampaknya akan segera dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022.

Pemindahan tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2024 mendatang, mulai dari pemindahan istana dan 6 kementerian. Dilansir kemenkeu.go.id, hal ini bertujuan untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Sebelum wacana tersebut dilakukan, rupanya terdapat sejumlah negara lainnya yang telah melakukan perpindahan ibu kota.

Simak daftar negara yang pernah memindahkan ibu kotanya berikut ini!

1. Amerika Serikat

Negara yang pernah memindahkan ibu kotanya adalah Amerika Serikat. New York menjadi ibu kota negara tersebut selama tahun 1785–1790. Hingga akhirnya pada tahun 1800, terjadi perpindahan ibu kota baru ke Washington DC.

2. Brasil

Brasil rupanya juga pernah memindahkan ibu kotanya dari Rio de Janeiro ke Brasilia pada tahun 1960. Langkah ini rupanya telah dipersiapkan pemerintah dari tahun 1956.

3. Myanmar

Pada tahun 2005, pemerintah Myanmar memutuskan memindahkan ibu kota dari Rangoon ke Pynama. Keputusan ini mengejutkan banyak pihak, bahkan pegawai pemerintahan hanya memiliki waktu 2 hari untuk membawa keluarganya berpindah.

4. Rusia

Negara yang pernah memindahkan ibu kotanya datang dari Rusia. Menariknya, negara ini mengalami bolak-balik perpindahan ibu kota.

Pada awalnya, ibu kota Rusia berada di Moskow. Akan tetapi, di tahun 1712 di pindahkan ke Sankt Peterburg. Setelahnya, di tahun 1918 kembali berpindah ke Moskow lagi hingga saat ini.

5. Jerman

Pada mulanya, Jerman terbagi menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur, dimana keduanya memiliki ibu kota masing-masing. Jerman Barat beribu kota di Bonn dan Jerman Timur di Berlin. Hingga terjadi penyatuan antar keduanya, barulah Berlin ditunjuk menjadi ibu kota resmi dari Jerman.

6. Nigeria

Negara yang pernah memindahkan ibu kotanya adalah Nigeria. Pada tahun 1991, pemerintah sepakat untuk memindahkan ibu kota dari Lagos ke Abuja. Alasannya karena di Lagos terlalu padat.

7. Pakistan

Negara Pakistan juga pernah memindahkan ibukotanya dari Karachi ke Islamabad pada tahun 1959. Meski begitu, daerah tersebut baru benar-benar siap menjadi ibu kota baru di tahun 1961.

8. India

Sebelum kota Delhi menjadi ibu kota negara India sekarang, rupanya ibu kota negara ini pernah berada di Calcutta. Keputusan perpindahan ini terjadi pada tahun 1911 oleh Raja George V.

9. Thailand

Negara yang pernah memindahkan ibu kotanya datang dari Thailand. Pada mulanya, ibu kota Thailand berada di Ayutthaya sebelum berpindah ke Bangkok hingga saat ini.

10. Jepang

Semulanya, ibu kota Jepang adalah Kyoto. Akan tetapi, Kaisar Meiji memutuskan untuk menjadikan Edo atau Tokyo sebagai ibu kota negara ini.

Itulah tadi daftar negara yang pernah memindahkan ibu kotanya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI