NEWS

10 Negara dengan Sistem Kesehatan Terbaik Dunia

Sistem kesehatan berpengaruh terhadap kesejahteraan warga.

10 Negara dengan Sistem Kesehatan Terbaik DuniaIlustrasi layanan kesehatan. (East Ventures)
27 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Layanan kesehatan merupakan salah satu tolak ukur kesejahteraan masyarakat di sebuah negara, lalu mana saja negara dengan sistem kesehatan terbaik dunia?

Menyediakan layanan dan sistem perawatan kesehatan yang dapat diandalkan merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah terhadap warganya.  Akan tetapi, sistem kesehatan suatu negara bukan saja didasarkan pada sistem perawatan kesehatan saja. Perlu perhatian juga terhadap akses mendapatkan layanan kesehatan, tingkat kesehatan penduduk.

Termasuk pula tingkat kematian, tarif layanan kesehatan, penanangan penyakit dan faktor risiko penyakit yang terjadi. Apabila layanan kesehatannya memadai, kesehatan masyarakat akan terjamin dan sumber daya manusia di negara tersebut menjadi kuat.

Di Indonesia, sistem jaminan kesehatan nasional atau hadirnya BPJS menjadi penyangga sistem kesehatan Tanah Air.  BPJS Kesehatan didirikan berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dengan tujuan memberikan perlindungan dan manfaat pemeliharaan kesehatan bagi rakyat serta memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Meskipun demikian, BPJS Kesehatan di Indonesia belum dianggap sebagai salah satu sistem jaminan kesehatan terbaik di dunia. Sebenarnya, beberapa negara memiliki reputasi sistem kesehatan yang sangat baik dan dapat dijadikan contoh.

Meskipun demikian, setiap negara memiliki pendekatan yang berbeda dalam penyediaan layanan kesehatan, dan evaluasi tentang sistem kesehatan terbaik bisa berubah seiring waktu. Melansir CNBC, berikut ini daftar negara dengan sistem kesehatan terbaik dunia.

Statista melaporkan, pada 2023 Singapura menempati peringkat sistem kesehatan terbaik di dunia, diikuti oleh Jepang dan Korea Selatan, Skor indeks kesehatan dihitung dengan mengevaluasi berbagai indikator yang menilai kesehatan penduduk dan akses ke layanan kesehatan yang diperlukan, termasuk termasuk kondisi kesehatan, sistem kesehatan, penyakit dan faktor risiko, serta tingkat kematian. 

Berikut adalah peringkat sistem kesehatan negara-negara di seluruh dunia pada tahun 2023.

  1. Singapura
  2. Jepang
  3. Korea Selatan
  4. Taiwan
  5. Cina
  6. Israel
  7. Norwegia
  8. Islandia
  9. Swedia
  10. Switzerland

Demikian daftar negara dengan sistem kesehatan terbaik dunia.

Related Topics