NEWS

10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Indonesia di posisi berapa?

10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia, Ada Indonesiailustrasi negara dengan bahasa terbanyak di dunia (unsplash.com/Amy Humphries)
09 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahukah Anda terdapat 10 negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Tak hanya Indonesia, sejumlah negara juga memiliki puluhan bahkan ratusan bahasa untuk sarana berkomunikasi.

Menurut data World Economic Forum (WEF), terdapat 7.117 bahasa yang ada di dunia. Dari ribuan bahasa tersebut, terdapat sejumlah negara yang memiliki bahasa terbanyak.

Jika Anda mengira Indonesia menempati posisi pertama, ternyata terdapat negara lain yang memiliki bahasa dengan jumlah yang lebih banyak.

Lantas, negara mana sajakah itu? Indonesia menempati posisi ke berapa? Simak selengkapnya berikut ini!

Daftar negara dengan bahasa terbanyak di dunia

masyarakat papua nugini
ilustrasi masyarakat papua nugini (unsplash.com/Bob Brewer)

Berdasarkan data terakhir ethnologue.com pada tahun 2022, terdapat 10 negara negara dengan bahasa terbanyak di dunia, antara lain:

  1. Papua Nugini: 840 bahasa
  2. Indonesia: 715 bahasa
  3. Nigeria: 527 bahasa
  4. India: 456 bahasa
  5. Amerika Serikat: 337 bahasa
  6. Australia: 317 bahasa
  7. China: 307 bahasa
  8. Mexico: 301 bahasa
  9. Cameroon: 227 bahasa
  10. Brazil: 238 bahasa

Negara dengan bahasa terbanyak di dunia adalah Papua Nugini dengan 840 bahasa. Bahkan, negara ini memiliki lebih banyak bahasa bila dibandingkan seluruh negara di Eropa.

Papua Nugini menggunakan bahasa Tok Pisin sebagai bahasa nasional mereka. Meski begitu, negara ini lebih banyak menggunakan bahasa Inggris untuk bisnis resmi.

Disusul posisi kedua adalah Indonesia dengan 715 bahasa. Sudah tidak diragukan lagi negara kepulauan ini memiliki ragam bahasa dan budaya.

Adapun setiap suku di Indonesia memiliki bahasa daerahnya masing-masing, mulai dari Bahasa Melayu, Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Bahasa Bali, dan lain sebagainya. Adapun bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Negara dengan bahasa terbanyak di dunia selanjutnya adalah Nigeria. Negara yang berasal dari Afrika Barat ini memiliki 527 bahasa. Adapun bahasa resmi dan lingua franca Nigeria adalah bahasa Inggris. 

Jumlah bahasa di dunia

masyarakat Indonesia
ilustrasi masyarakat Indonesia (unsplash.com/Tyler Morgan)

Related Topics