NEWS

11 Tips Berkendara Eco Driving Saat Mudik Lebaran 2024

Mudik lebaran Anda dan keluarga bisa lebih nyaman dan aman.

11 Tips Berkendara  Eco Driving Saat Mudik Lebaran 2024ilustrasi mudik menggunakan kendaraan pribadi (unsplash.com/serjan midili)
01 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEMudik merupakan tradisi lazim di masa libur, terutama menjelang Lebaran 2024. Selain berkendara aman, konsep hemat bahan bakar dan ramah lingkungan pun bisa diterapkan selama mudik atau biasa disebut Eco Driving.

Dikutip dari resmi Suzuki.co.id, eco driving merupakan pendekatan dalam mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi dampak lingkungan. Teknik ini menuntun pengemudi untuk menghindari percepatan dan pengereman tiba-tiba guna menjaga kecepatan yang stabil.

Saat menerapkan eco driving, pengemudi akan mengendarai kendaraan dengan tenang, stabil, dan berhati-hati untuk memaksimalkan jarak tempuh dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Selain itu, berkendara dengan teknik ini juga bisa membuat mesin lebih awet, meminimalkan risiko kecelakaan, bahkan ikut berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Semua manfaat di atas, dapat  Anda terapkan ketika mengendarai kendaraan selama momentum mudik Lebaran 2024 bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Oleh sebab itu, berikut sejumlah tips menerapkan eco driving

1. Gunakan bahan bakar sesuai oktan

Penggunaan bahan bakar dengan oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan merupakan langkah awal yang bisa Anda perhatikan, karena dapat membantu mesin beroperasi secara optimal, menghindari masalah performa, dan mendorong efisiensi bahan bakar.

2. Periksa kondisi ban

Ban berperan penting dalam menerapkan eco driving. Ban yang terlalu kempes atau terlalu keras dapat mempengaruhi kendali kendaraan dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Tekanan angin yang tepat membantu menjaga daya cengkram ban pada jalan, mengurangi keausan, dan meningkatkan efisiensi perjalanan. Selain itu, pilihan jenis ban juga akan menentukan kualitas berkendara Anda.

Related Topics