NEWS

AS Umumkan Investasi Rp2 T Untuk Proyek Energi Geothermal di RI

Investasi ini akan memperkuat ketahanan energi RI.

AS Umumkan Investasi Rp2 T Untuk Proyek Energi Geothermal di RIIjen Geothermal. (medcopower.co.id)
24 May 2024

Jakarta, FORTUNE – Amerika Serikat (AS) melalui U.S. International Development Finance Corporation (DFC), mengumumkan komitmen Investasi dengan perusahaan listrik Indonesia PT Medco Cahaya Geothermal, senilai US$126 juta atau sekitar Rp2,03 triliun (kurs Rp 16.105,08 per dolar AS).

Deputy Chief Executive Officer (DCEO) DFC, Nisha Biswal, mengatakan investasi ini akan membantu memperkuat ketahanan energi Indonesia dan berkontribusi dalam mencapai tujuan ekonomi bersama AS.

"Komitmen ini akan mendukung pengembangan dan pengoperasian pembangkit listrik Tahap I berkapasitas 31 MW, Ijen Geothermal, yang akan meningkatkan pembangkit listrik terbarukan di Jawa Timur,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (24/5).

Dalam kerja sama ini, DFC akan berkoordinasi dengan bank infrastruktur Indonesia, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), selaku pemberi pinjaman pembiayaan proyek saat ini.

Selain itu, komitmen investasi ini akan digunakan untuk menyediakan kapasitas pembangkit listrik rendah karbon, yang sangat dibutuhkan untuk jaringan listrik Jawa-Bali, sebagai yang terbesar di Indonesia.

Bagian penting

Deputy Chief Executive Officer (DCEO) DFC, Nisha Biswal (tengah).
Deputy Chief Executive Officer (DCEO) DFC, Nisha Biswal (tengah). (dok. US Embassy)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.