NEWS

Bandara Trunojoyo Diresmikan, Mudik ke Madura Bisa Naik Pesawat

Presiden minta rute dari Jakarta dan Surabaya segera dibuka.

Bandara Trunojoyo Diresmikan, Mudik ke Madura Bisa Naik PesawatPresiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Trunojoyo, di Sumenep. Rabu, (20/4). (Tangkapan layar YouTube setpres)
20 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Trunojoyo di Sumenep, Madura , Rabu (20/4) pagi. Ia pun menginstruksikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah rute penerbangan dari Surabaya dan Jakarta menuju bandara  baru tersebut. 

Menurut Jokowi, keberadaan Bandara Trunojoyo akan memberi manfaat bagi transportasi masyarakat Madura, terutama dalam masa mudik Lebaran 2022. Momentum ini sekaligus bisa jadi kesempatan uji coba beberapa rute baru penerbangan.

“Ini kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya. Menurut saya penuh, insyaallah penuh,” ujarnya dalam sambutan peresmian Bandara Trunojoyo, di Sumenep, Madura, Rabu (20/4).

Jokowi mengatakan, keberadaan bandara Trunojoyo akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari pulau-pulau di sekitar Madura. “jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja,” katanya.

Meningkatkan konektivitas Madura dengan wilayah di sekitarnya

Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Trunojoyo, di Sumenep, Madura, Rabu (20/4).
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Trunojoyo, di Sumenep, Madura, Rabu (20/4). (Tangkapan layar kanal Youtube Setpres))

Bandara Trunojoyo punya peran penting dalam peningkatan konektivitas Madura dengan wilayah di sekitarnya. Diharapkan, isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Madura pun akan terbuka dan perekonomian pun akan berkembang dan makin rata.

“Dengan konektivitas yang semakin baik, mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar, dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh. Usaha baru juga akan insyaallah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Di samping itu, usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan semakin berkembang dan akan semakin maju,” ucap Jokowi.

Mendorong geliat ekonomi Madura secara tidak langsung

Ilustrasi Bandara Trunojoyo.
Ilustrasi Bandara Trunojoyo. (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Related Topics