NEWS

Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI

Indonesia adalah pasar penting bagi pariwisata Arab Saudi.

Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RIWisatawan internasional yang mengunjungi Arab Saudi. (dok. Saudi Tourism Authority)
04 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Otoritas Pariwisata Arab Saudi (Saudi Tourism Authority) menargetkan 2,2 juta Wisatawan asal Indonesia berkunjung ke negara tersebut. Kunjungan itu bukan hanya dalam rangka Haji atau Umrah, namun juga untuk berwisata menjelajahi salah satu negara utama di Timur Tengah tersebut.

President of Asia Pacific Markets, Saudi Tourism Authority, Alhasan Aldabbagh, mengatakan bahwa jumlah wisatawan Indonesia meningkat 36 persen pada 2023 (year-on-year). “Indonesia adalah satu dari enam pasar potensial bagi Saudi, terutama untuk segmen keluarga,” ujarnya kepada Fortune Indonesia, Jumat (3/5).

Menurutnya, banyak dari masyarakat Indonesia hanya mengenal Arab Saudi sebagai destinasi religi. Padahal, ada banyak situs budaya, sejarah, dan petualangan yang kaya dari Arab Saudi, di luar perjalanan keagamaan.

“Mungkin hanya Mekkah dan Meddinah yang dikenal sebagai destinasi Umroh. Jeddah juga sesekali dikunjungi untuk transit. Sebenarnya, ada banyak tempat lain yang bisa dijelajahi di Arab Saudi, seperti Riyadh atau Al Ula,” kata Aldabbagh.

Sejak 2019, Arab Saudi sudah membuka pintu yang lebar bagi wisatawan internasional. Sektor pariwisata pun tumbuh signifikan, bahkan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata tercepat dalam pertumbuhan dan paling dinamis di seluruh dunia, menurut UNWTO. Dengan visi untuk pariwisata, Arab Saudi berhasil menyambut lebih dari 100 juta wisatawan pada 2023.

Visit Saudi, Beyond Umrah

President of Asia Pacific Markets, Saudi Tourism Authority, Alhasan Aldabbagh.
President of Asia Pacific Markets, Saudi Tourism Authority, Alhasan Aldabbagh. (dok. Saudi Tourism Authority)

Untuk mengoptimalkan target jumlah wisatawan asal Indonesia, Saudi Tourism Authority mengadakan pameran wisata bertajuk ‘Visit Saudi, Beyond Umrah’ yang menyoroti destinasi pariwisata Arab Saudi yang luar biasa bagi semua wisatawan, mulai 1-5 Mei 2024 di Kota Kasablanka.

“Arab Saudi lebih dari sebatas destinasi Umroh. Kami ingin memperkenalkan keberagaman yang dimiliki oleh negara ini, keramahannya, masyarakatnya, makanan lokalnya, dan berbagai tempat bersejarah yang kami miliki,” kata Aldabbagh. “Bahkan, Arab Saudi aman untuk dikunjungi oleh semua wisatawan, tanpa memandang jenis kelamin atau agama.”

Melalui pameran ini, Saudi Tourism Authority menghadirkan berbagai penawaran eksklusif dari agen perjalanan dan operator tur Indonesia, termasuk diskon khusus, penawaran cashback, promo beli 5 gratis 1, rencana pembayaran dengan cicilan 0 persen, sampai dengan voucher tur.

Aldabbagh mengungkapkan bahwa Indonesia dan Arab Saudi terhubung dengan tiga maskapai penerbangan, seperti Saudi Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air.

“Kami ingin menambah frekuensi penerbangan yang sudah ada. Saat ini, kami sedang berusaha memperluas jaringan konektifitas Lion Air, termasuk rute ke Riyadh dan Dammam,” katanya. “Kami ingin bangsa Indonesia tahu lebih banyak lagi tentang Arab Saudi.”

Visa lebih mudah

Pameran pariwisata \'Visit Saudi, Beyond Umrah\' di Kota Kasablanka.
Pameran pariwisata 'Visit Saudi, Beyond Umrah' di Kota Kasablanka. (Fortuneidn/Bayu Satito)

Related Topics