NEWS

Arab Saudi Diperkirakan Naikkan Harga Minyak ke Asia hingga 90 Sen

Ini dipengaruhi situasi terkini konflik Timur Tengah.

Arab Saudi Diperkirakan Naikkan Harga Minyak ke Asia hingga 90 SenShutterstock/Maksim Safaniuk
30 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEArab Saudi diperkirakan akan menaikkan harga jual minyak mentahnya ke pasar Asia. Kenaikan harga yang menurut rencana bakal diberlakukan mulai Juni ini diperkirakan mencapai sebesar 70-90 sen per barel ataumendekatiUS$3 per barel.

Dilansir dari Reuters, kenaikan ini merupakan yang tertinggi dalam lima bulan terakhir. “Peningkatan harga ini mengikuti rerata situasi minyak di beberapa negara Timur Tengah lain, seperti Dubai dan Oman, yang masing-masing meningkat 83 dan 96 sen,” tulis Reuters dikutip Senin (29/4).

Menurut penghitungan Reuters, kenaikan harga akan lebih cepat ini menunjukkan adanyua pengetatan pasokan.“Sebagian bersar responden berharap harga resmi bulan Juni untuk Arab Medium dan Arab Heavy naik seiring dengan Arab Light. Hal ini didukung oleh pasokan ketat di tengah pemotongan OPEC+ dan menguatnya margin minyak bahan bakar. 

Saudi Aramco menetapkan Harga Minyak mentah berdasarkan rekomendasi dari pelanggan dan setelah menghitung perubahan nilai minyaknya selama bulan sebelumnya, berdasarkan hasil dan harga produk.

Situasi perminyakan

Kilang Minyak
ilustrasi kilang minyak (unsplash.com/Robin Sommer)

Abu Dhabi National Oil Co (ADNOC) telah mulai memproses minyak mentah Upper Zakum pada pengubahan di kilang Ruwais akan mengurangi ekspor tingkat menengah. Perubahan bahan baku kilang ADNOC menyebabkan perekaman ekspor minyak mentah murban pada bulan April sebesar 1,65 juta barel per hari, dan telah menekan harga minyak mentah asam ringan.

Namun, Pemex Meksiko membalikkan pemotongan ekspor mentah setidaknya 330.000 barel per hari, yang kemungkinan direncanakan di tengah permintaan minyak yang lebih rendah dari perkiraan dari kilang domestiknya, dan sebagian diharapkan meringankan pasokan. 

Harga resmi minyak mentah Saudi biasanya dirilis sekitar waktu kelima setiap bulan, menetapkan tren untuk harga Iran, Kuwait, dan Irak dan mempengaruhi sekitar 9 juta barel per hari (BPD) minyak mentah menuju Asia.

Setelah pembicaraan

Ilustrasi Israel-Palestina. (Doc: 123rf/luzitanija)

Related Topics