NEWS

Jadi ‘Senjata’ Debat Gibran Melawan Mahfud MD, Apa Itu Greenflation?

Merujuk pada kenaikan harga akibat transisi energi.

Jadi ‘Senjata’ Debat Gibran Melawan Mahfud MD, Apa Itu Greenflation?Ilustrasi keuangan hijau. (Pixabay/Orlandow)
22 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

​​​​​​Jakarta, FORTUNE – Debat calon wakil presiden (cawapres) Minggu (21/1) berlangsung panas. Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka melontarkan pertanyaan ke Cawapres 03, Mahfud MD tentang GreenflationApakah itu? 

Greenflation berasal dari gabungan kata green dan inflation. Hal ini menjadi perdebatan, karena istilah ini dianggap tidak familiar. Apalagi, Gibran tak menjelaskan terlebih dulu mengenai terminologi istilah sebelum ia . “Yang namanya greenflation atau inflasi hijau itu ya kita kasih contohnya demo rompi kuning di Prancis, bahaya sekali. Sudah makan korban. Ini harus kita antisipasi jangan sampai terjadi di Indonesia,” kata Gibran dalam debat.

Menurut Gibran, dalam menyikapi inflasi hijau negara harus hati-hati, jangan sampai membebankan riset dan pengembangan, termasuk proses transisi yang cukup mahal, kepada masyarakat.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan green inflation atau inflasi hijau ini? Menukil dari Philonomist, berikut ulasannya. 

Pengertian

Inflasi hijau adalah sebuah situasi kenaikan harga material dan energi, akibat transisi ke energi hijau. Hal ini bisa terjadi, meskipun dalam jangka waktu yang panjang, seiring negara-negara di dunia untuk memenuhi komitmen mereka terhadap lingkungan.

Inflasi atau kenaikan harga barang-barang strategis ini sangat mungkin terjadi karena meningkatnya pengeluaran untuk teknologi bebas karbon.

Di sisi lain, intensifikasi peraturan lingkungan hidup yang membatasi investasi pada proyek pertambangan yang berpolusi tinggi juga membatasi pasokan bahan baku, juga mengakibatkan kenaikan harga.

Contoh

Philonomist mencontohkan peristiwa yang juga disebutkan Gibran dalam debat cawapres adalah protes Rompi Kuning yang terjadi pada 2018 di Prancis. Hal ini terjadi sebagai protes atas kebijakan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang ingin menaikkan pajak bahan bakar, sebesar 5 sen per galon untuk bensin pada 2020 dan 2 sen untuk solar. Di saat yang sama, biaya hidup di Prancis sudah cukup tinggi bagi warganya.

Dari segi logam strategis, harga litium yang digunakan untuk membuat baterai mobil listrik meningkat sebesar 400 persen pada tahun 2021. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut, sementara permintaan litium diperkirakan akan meningkat sebanyak 40 kali lipat pada tahun 2040.

Hal yang sama berlaku untuk aluminium, yang digunakan untuk menghasilkan energi surya dan angin, yang harganya naik dua kali lipat antara tahun 2021 dan 2022, bahkan mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Tren ini diperkirakan akan bertahan lama, karena Tiongkok–yang memproduksi 60 persen dari seluruh aluminium–telah memutuskan untuk membatasi produksi pabrik baru yang berpolusi tinggi, untuk mencapai netralitas karbon.

Related Topics