NEWS

Jalan Lingkar Dinilai Kurangi 48% Beban Lalu Lintas Brebes-Tegal

Panjang jalur mencapai 17,4 km dan dilengkapi 8 jembatan.

Jalan Lingkar Dinilai Kurangi 48% Beban Lalu Lintas Brebes-TegalKendaraan melintas di Jalur Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes, Jawa Tengah, Rabu (13/4). (ANTARAFOTO/Oky Lukmansyah)
13 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Jalan lingkar Brebes-Tegal secara resmi mulai beroperasi mulai Rabu (13/4). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan jalur tersebut akan mengurangi beban lalu lintas di kawasan Brebes dan Tegal hingga 48 persen.

“Kita tahu kepadatan lalu lintas Kota Brebes (dan) Kota Tegal sangat tinggi. Sejak dulu lalu lintas sangat padat, terutama menjelang mudik Lebaran dan Tahun Baru, serta hari-hari libur lainnya,” ujar Jokowi saat meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal, Rabu (13/4). “Jalan ini akan menjadi salah satu jalur alternatif untuk mudik Lebaran, agar perjalanan masyarakat untuk mudik lebih lancar dan lebih cepat sampai di tujuan.”

Konstruksi Jalan Lingkar Brebes-Tegal dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp223 miliar. 

Berbagai keuntungan dari keberadaan jalan lingkar Brebes-Tegal

Presiden Jokowi pada Peresmian Jalan Lingkar Brebes-Tegal, di Kabupaten Brebes, Jateng, Rabu (13/4).
Presiden Jokowi pada Peresmian Jalan Lingkar Brebes-Tegal, di Kabupaten Brebes, Jateng, Rabu (13/4). (dok. Setkab)

Jokowi berharap keberadaan jalan ini akan mempermulus keterhubungan di wilayah Brebes dan Tegal. Ia menyampaikan bahwa Jalan Lingkar Brebes-Tegal membentang 17,4 kilometer dan dilengkapi dengan delapan jembatan. “Di wilayah Brebes lima jembatan dan di wilayah Tegal tiga jembatan. Kehadiran jalan lingkar ini melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantura (Pantai Utara) dan juga melengkapi jaringan jalan di Tol Trans Jawa,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Jalan Lingkar ini sangat dibutuhkan bagi kelancaran arus lalu lintas di wilayah Brebes dan Tegal. Dengan adanya alternatif, maka jalan dalam kota Tegal maupun Brebes diharapkan jadi lebih awet karena bisa terhindar dari kendaraan besar, seperti truk atau bus yang melintas. Selain itu, angka kecelakaan lalu lintas pun diharapkan akan berkurang.

Presiden juga kunjungi Program Padat Karya Tunai di Cirebon

Presiden Jokowi meninjau kegiatan padat karya tunai jalan dan jembatan, di Cirebon, Jabar, Rabu (13/4).
Presiden Jokowi meninjau kegiatan padat karya tunai jalan dan jembatan, di Cirebon, Jabar, Rabu (13/4). (dok. Setkab)

Related Topics