NEWS

Jokowi: Penguatan SDM dan Pendidikan Jadi Salah Satu Fokus APBN 2023

SDM RI didorong produktif, inovatif, dan berdaya saing.

Jokowi: Penguatan SDM dan Pendidikan Jadi Salah Satu Fokus APBN 2023Presiden Jokowi pada Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 Beserta Nota Keuangannya. (dok. Setkab)
16 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan, salah satu fokus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2023 adalah penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang produktif, inovatif, dan berdaya saing.

Menurutnya, kualitas ini akan dapat terwujud melalui peningkatan kualitas pendidikan, sistem kesehatan, serta akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial.

Pemerintah mencanangkan anggaran kesehatan tahun depan sebesar Rp169,8 triliun, atau 5,6 persen dari belanja negara; anggaran perlindungan sosial dialokasikan Rp479,1 triliun; dan anggaran pendidikan disiapkan sebesar Rp608,3 triliun.

“Kita harus mampu memanfaatkan bonus demografi dan siap menghadapi disrupsi teknologi. Kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia, dan menjaga jati diri budaya bangsa,” ujarnya dalam pidato Nota Keuangan, Selasa (16/8).

Dia juga mengatakan, upaya peningkatan kualitas SDM Indonesia difokuskan pada lima hal, yaitu peningkatan akses pendidikan pada seluruh jenjang pendidikan; peningkatan kualitas sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan, terutama di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T); penguatan link and match dengan pasar kerja; pemerataan kualitas pendidikan; serta penguatan kualitas layanan PAUD.

SDM adalah kekuatan besar Indonesia

Presiden Joko Widodo mengepalkan tangan saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sebelumnya, pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Jokowi menyebut, SDM adalah salah satu kekuatan besar yang dimiliki bangsa Indonesia, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan global yang melanda seluruh dunia.

“Jumlah penduduk yang sangat besar, dan didominasi oleh anak-anak muda usia produktif, serta daya beli masyarakat yang terus meningkat, akan menjadi motor penggerak perekonomian nasional dalam menghadapi kompetisi global,” katanya. 

Sejumlah agenda penting harus dihadapi oleh segenap komponen bangsa Indonesia–mulai dari hilirisasi industri, pemanfaatan energi terbarukan, hingga pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. Hal ini perlu didukung oleh manusia Indonesia yang unggul. Baik dari aspek kesehatan, pendidikan, maupun budi pekerti yang luhur harus menjadi prioritas utama yang membekali manusia Indonesia di masa depan.

Optimalisasi sumber EBT

Ilustrasi ekosistem EBT.
Ilustrasi ekosistem EBT. (Pixabay/Akitada31)

Related Topics